Monday, 18 November 2019

Timnas U-19 Indonesia Wajib Menang Lawan Taiwan

Kamis, 18 Oktober 2018 — 7:13 WIB
Timnas Indonesia U-19 (Instagram@PSSI_FAI)

Timnas Indonesia U-19 (Instagram@PSSI_FAI)

JAKARTA – Berbekal hasil yang kurang memuaskan dalam empat laga ujicoba terakhir, Timnas ‘Garuda Asia’ Indonesia U-19 langsung dihadapkan ujian sesungguhnya saat bentrok dengan Taiwan pada laga perdana babak penyisihan Piala Asia U-19 Grup A, Kamis (18/10) pukul 19:00 WIB. Dengan dukungan lebih di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Garuda Nusantara diharapkan bisa membuat gebrakan di laga pembuka.

Minimnya dukungan terhadap Nurhidayat Haji Haris dan kolega seiring sejumlah hasil yang kurang memuaskan di laga ujicoba, memaksa skuad Indra Sjafri wajib membuat gebrakan di laga pembuka. Sebelumnya, Garuda Asia hanya meraih sekali kemenangan dari empat laga ujicoba terakhir. Pada ajang PSSI Anniversary Cup beberapa waktu lalu, Timnas Indonesia U-19 hanya mampu bermain 2-2 kontra Thailand dan takluk 0-3 dari Tiongkok.

Kekalahan Timnas Indonesia berlanjut saat menyerah 1-2 dari Arab Saudi pada laga ujicoba 10 Oktober lalu. Satu-satunya kemenangan skuad Indra terjadi saat mengalahkan Yordania 3-2, akhir pekan lalu.

Merujuk pada hasil tersebut, Indra wajib membenahi sejumlah kelemahan tim, terutama dalam usaha menahan gempuran lawan jika ingin membuat gebrakan di laga pembuka. Untungnya, Indra mengaku sudah mengantongi karakter permainan Taiwan yang mirip dengan tim asal Asia Timur lainnya, seperti Tiongkok atau Korea.

SUDAH PERNAH

“Kita sudah pernah menghadapi Cina (Tiongkok) pada ajang PSSI Anniversary Cup beberapa waktu lalu. Saya kira karakter permainan Taiwan, tidak jauh berbeda jauh dengan Tiongkok. Para pemain Taiwan adalah tipe pekerja keras. Namun saya tetap optimis kita bisa mengalahkan mereka karena para pemain saya saat ini sudah lebih baik dari sebelumnya. Salah satunya Rachmat Irianto,” tandas Indra kepada para awak media, jelang menghadapi Taiwan.

Sebelumnya, Rachmat Irianto tidak bisa memperkuat Timnas U-19 dalam beberapa kesempatan, akibat cedera. Kini, ia sudah bisa berduet dengan Nurhidayat sebagai palang pintu di lini pertahanan.

Selain Taiwan, Garuda Asia juga tergabung bersama Uni Emirates Arab (UEA) yang bakal bentrok dengan Qatar pada hari yang sama, tiga jam sebelumnya. Piala Asia U-19 kali ini terbagi dalam empat grup. Setiap tim yang finis di posisi dua teratas masing-masing grup, berhak lolos ke babak perempatfinal. (junius/b)

Terbaru

Senin, 18/11/2019 — 7:20 WIB
Jangan Tipu Diri