Sunday, 15 December 2019

Persija Jakarta Bakal Berlaga di Liga Champions Asia

Selasa, 23 Oktober 2018 — 23:28 WIB
Para pemain Persija Jakarta kembali melakukan latihan. (twitter @Persija_Jkt)

Para pemain Persija Jakarta kembali melakukan latihan. (twitter @Persija_Jkt)

JAKARTA – Persija Jakarta mendapatkan lisensi klub profesional dari Asosiasi Sepakbola Asia (AFC) yang merupakan salah satu syarat bagi tim Liga 1 Indonesia berlaga di ajang Liga Champions Asia (AFC). Meski demikian, PT Liga Indonesia Baru (LIB), selaku operator kompetisi masih enggan merilis klub-klub yang resmi mendapatkan lisensi.

Salah satunya, Persib Bandung. Meski sudah mendapat lisensi AFC, tapi tim berjuluk Maung Biru itu mengajukan banding lantaran terdapat aspek yang ditolak. “Soal lisensi memang kami tahan dulu. Akan ada keputusan dari komite banding lisensi. Jadi kami terus berkoordinasi dengan PSSI. Kalau yang disampaikan kepada klub itu yang mereka terima dari Komite Lisensi AFC. Hasilnya seperti itu (tujuh klub lolos),” kata Chief Operating Officer PT LIB, Tigorshalom Boboy di kantornya, Selasa (23/10/2018).

Selain Persib, Madura United, PSM Makassar, dan Barito Putera juga lolos verifikasi AFC, namun dengan sejumlah syarat.

Keempat klub ini sedang naik banding untuk lolos tanpa syarat dan bisa mendapatkan lisensi klub profesional. “Sekarang ini ada empat klub yang masih menunggu hasil banding, yaitu Madura United, PSM, Barito Putera, dan Persib. Ini peningkatan pesat. Terima kasih kepada semua klub Liga 1. Lisensi ini sangat penting buat peningkatan mutu kompetisi,” imbuh Tigor.

Sebelumnya, Direktur Utama Persija Jakarta, Gede Widiade, mengungkapkan ada hal-hal yang memang masih belum dipenuhi Persija untuk mendapatkan lisensi AFC. Dalam penilaian AFC, terdapat tiga poin yang patut dipenuhi untuk mendapatkan lisensi. Poin pertama yang paling diwajibkan sudah dipenuhi Persija, hanya poin kedua dan ketiga yang bersifat imbauan belum bisa dipenuhi Macan Kemayoran.”Soal lisensi, harus ada persyaratan standar. Untuk bisa main di Asia, kami sudah memenuhi 33 poin wajib,” kata Gede, belum lama ini.

Sebagaimana diketahui, Persija menjadi salah satu dari lima klub Indonesia yang dinyatakan memenuhi lisensi AFC. Empat klub lainnya adalah Arema FC, Persib Bandung, Madura United, dan Bali United. Dengan kondisi seperti itu, Persija berpeluang bermain di kompetisi Asia musim depan andai bisa finis di urutan tiga teratas klasemen akhir Liga 1. Saat ini tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut berada di urutan ketiga dengan 42 ooin dari 12 laga. Persija terpaut lima angka dari pimpinan klasemen sementara, PSM Makassar dari 13 laga. (junius/b)