Thursday, 14 November 2019

Tekuk Persipura 1-2, Persija Tepis Reputasi Tim ‘Jago Kandang’

Kamis, 25 Oktober 2018 — 20:36 WIB
Para pemain Persija Jakarta, merayakan gol kemenangan kontra Persipura Jayapura (ist)

Para pemain Persija Jakarta, merayakan gol kemenangan kontra Persipura Jayapura (ist)

JAKARTA – Sukses Persija ‘Macan Kemayoran’ Jakarta mencuri kemenangan 2-1 di Stadion Mandala, Kamis (25/10/2018) , kian menepis reputasi mereka sebagai tim ‘jago kandang’. Bermain di kandang Persipura Jayapura, skuad asuhan Stefano ‘Teco’ Cugurra itu berhasil membalikkan keadaan, berkat gol Riko Simanjuntak dan Marko Simic.

Tambahan tiga angka itu menjaga posisi Persija di posisi tiga teratas klasemen. Dengan total 45 poin dari 26 laga, Persija tertinggal lima angka dari pimpinan klasemen sementara, PSM Makassar yang sudah melakoni 27 laga. Itu artinya, Persija masih punya ‘tabungan’ satu laga (melawan Persela Lamongan) untuk memangkas jarak dari PSM yang akan menyambangi Madura United, Senin (29/10) besok. Sedangkan Persija bakal menjamu Barito Putera, satu hari berselang. Tidak heran jika kemenangan atas Persipura, diakui Teco sebagai hal yang sangat penting.

Apalagi PSM sebelumnya menang 1-0 dari Persib Bandung yang berada di posisi kedua dengan 45 poin dari 27 laga. “Ya, pasti (kemenangan) ini sangat penting. Saat PSM menang kemarin, kita tahu harus kerja keras buat menang juga (melawan Persipura). Anda tahu waktu kita menang hari ini, kita bisa memangkas jarak dengan PSM karena kita masih punya tabungan satu laga lawan Persela,” kata Teco, menanggapi raihan tiga angka Sandi Sute dan kolega usai mengalahkan Persipura 2-1, Kamis (25/10).

Sandi bahkan mengaku bersyukur timnya bisa membawa pulang tiga angka setelah sempat tertinggal lebih dulu lewat gol Ricardo Salampessy pada menit ke-34. Beruntung, Macan Kemayoran bisa membalikkan keadaan dan memastikan kemenangan, berkat gol Riko (45) dan Simic (64).

“Saya lihat dua tim kerja keras selama laga. Persipura kerja keras untuk menyerang dan mau menang juga. Kita kebobolan lebih dulu, tapi pemain masih punya konsentrasi bagus dan terorganisir sehingga kita bisa balikan keadaan. Bisa menang 2-1 di sini, sangat bagus buat Persija,” ulas Teco terkait jalannya laga.

Soal kepemimpinan wasit yang dianggap lebih memihak Persija oleh suporter tuan rumah, Teco ogah berkomentar. Ia justru lebih menanggapi prilaku suporter di Indonesia yang masih belum bisa menerima kekalahan tim kesayangan mereka. Walhasil, dalam laga itu ada aksi suporter yang tidak terpuji hingga lemparan batu.

“Di Indonesia mungkin penonton banyak masalah. Hari ini Persija disoraki hingga dilempar batu, ini tidak bagus untuk sepakbola nasional karena Persipura main sangat bagus,” tuntas Teco.

Bagi Persipura, hasil ini kian memberatkan langkah mereka untuk bersaing di papan atas klasemen. Dari 27 laga, tim berjuluk Mutiara Hitam itu baru mengoleksi 35 poin dan hanya unggul delapan angka dari dasar klasemen, hunian PSMS Medan yang akan melawat Arema FC, Minggu (28/10) ini.

Pada Selasa (30/10) mendatang, Persipura akan menjamu Persebaya yang datang dengan modal kemenangan 4-0 atas Madura United, Kamis (25/10) malam WIB. Di laga lainnya, Borneo FC tahan Bali United 2-2. (junius/b)