Saturday, 14 December 2019

Jaksa Arab Saudi dan Turki Akan Bertemu Bahas Kasus Pembunuhan Khashoggi

Senin, 29 Oktober 2018 — 15:54 WIB
Seorang pengunjuk rasa membawa poster foto Jamal Khashoggi di depan Konsulat Arab Saudi di Turki.  (ist)

Seorang pengunjuk rasa membawa poster foto Jamal Khashoggi di depan Konsulat Arab Saudi di Turki. (ist)

TURKI – Jaksa penuntut umum Saudi yang memimpin penyelidikan atas pembunuhan Jamal Khashoggi tiba di Istanbul Minggu (28/10/2018) malam waktu setempat. Jaksa Saudi disebutkan akan menemui kepala jaksa Istanbul, meski belum jelas kapan pertemuan akan digelar.

Kantor berita Anadolu seperti dikutip Reuters mengatakan, jaksa Saudi juga akan memeriksa konsulat Saudi di Istanbul, tempat Khashoggi terbunuh tiga minggu lalu.

Kematian Khashoggi yang kolumnis Washington Post dan seorang pengkritik penguasa de facto Arab Saudi, Putra Mahkota Mohammed bin Salman – memicu kemarahan global.

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan sebelumnya menyatakan skeptisismenya tentang penjelasan Saudi mengenai pembunuhan Khashoggi, dan telah meminta kerajaan Saudi untuk bertanggung jawab.

Sementara itu, Penuntut umum Saudi Saud Al Mojeb pekan ini menyebutkan jika pembunuhan itu direncanakan. Hal ini bertentangan dengan pernyataan sebelumnya, bahwa pembunuhan Khashoggi terjadi tanpa sengaja.

Menteri Luar Negeri Saudi, Adel al-Jubeir, mengatakan bahwa orang-orang di belakang pembunuhan Khashoggi akan dituntut di kerajaan. (mb)