Monday, 14 October 2019

Operasi Jaran Candi 2018

Polda Jateng Tangkap 344 Penjahat dan Sita Puluhan Mobil Curian

Selasa, 30 Oktober 2018 — 14:30 WIB
Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono  ungkap hasil operasi Jaran Candi 2018 .(suatmadji)

Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono ungkap hasil operasi Jaran Candi 2018 .(suatmadji)

SEMARANG –  Sebanyak 344 penjahat ditangkap aparat jajaran Polda Jateng dalam sebuah operasi yang digelar selama 20 hari . Operasi dengan sandi Jaran Candi 2018 tersebut juga berhasil mengamankan puluhan mobil dan ratusan motor .

Ada 32 unit mobil dan 220 sepeda motor curian yang berhasil diamankan . Puluhan mobil hasil curian yang saat ini diamankan di Mapolda Jateng meliputi berbagai jenis mobil seperti jenis LCGC, City Car, SUV, MPV hingga beberapa truk dan pikap.

Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono , Selasa (30/10/2018) mengatakan, barang bukti itu merupakan hasil pengungkapan kasus pencurian kendaraan bermotor yang dilakukan dalam operasi Jaran Candi 2018.

Untuk jumlah tersangka yang ditangkap mencapai 344 orang . ” Total jumlah tersangka sebanyak itu terkait dengan 290 kasus pencurian kendaraan bermotor yang berhasil diungkap , kata Kapolda .

Disebutkan , pada tahun ini dari Januari hingga Oktober, polisi mencatat ada 891 kasus pencurian kendaraan bermotor yang dilaporkan. Dari jumlah itu 290 diantaranya berhasil diungkap dalam waktu 20 hari digelarnya operasi.

“Total ada 220 unit sepeda motor dan 32 unit mobil yang diselamatkan dari operasi yang digelar dari tanggal sembilan hingga 28 Oktober lalu,” lanjut Irjen Pol Condro Kirono .

Untuk itulah Kapolda meminta kepada seluruh masyarakat di Jateng yang merasa pernah kehilangan kendaraan untuk datang mengecek ke kantor kepolisian untuk mengambil.

Syaratnya hanyalah dengan membawa bukti kepemilikan dan jika memang cocok kendaraan akan diserahkan secara gratis.

“Gratis, saya pastikan tidak membayar, hanya saja nanti saat memang kendaraan dibutuhkan untuk pembuktian di proses persidangan ya saya minta untuk dihadirkan saja,” tegasnya.

Ia menyebut untuk sepeda motor bisa diambil di polres masing-masing. Sedangkan untuk mobil berada di Polda Jateng , jalan Pahlawan Semarang . (suatmadji/tri ) .