Wednesday, 16 October 2019

Alasan Keluarga, Bupati Indramayu Anna Sophanah Mengundurkan Diri

Selasa, 6 November 2018 — 13:11 WIB
Bupati Indramayu, Anna Sophanah. (taryani)

Bupati Indramayu, Anna Sophanah. (taryani)

JAKARTA – Bupati Indramayu Anna Sophanah mengirim surat pengunduran diri ke DPRD Indramayu terhitung akhir Oktober 2018. Alasannya, ingin lebih fokus mengurus keluarga.

“(Surat pengunduran diri) sudah masuk ke sekretariat,” ujar Ketua Fraksi Kebangkitan Bangsa DPRD Indramayu, Azun Mauzun kepada wartawan.

Informasi yang didapat menyebutkan surat pengunduran diri itu akan dibahas DPRD Indramayu dalam minggu-minggu ini. Setelah itu, surat pengunduran diri akan diproses dan dilayangkan ke Kementerian dalam Negeri. Proses administrasi memerlukan waktu sekitar 2 bulan.

Jika surat pengunduran diri itu diterima, maka menurut Undang-Undang secara otomatis Wakil Bupati Indramayu H Supendi akan naik posisi, menggantikan Anna sebagai Bupati Indramayu.

Masa jabatan Bupati Annh sejatinya berakhir pada 10 Desember 2020. Karenanya, proses pengangkatan Wakil Bupati Indramayu yang baru akan dilakukan melalui sidang DPRD Indramayu.

Namun, diperoleh informasi belakangan suami Anna kerap berobat ke rumah sakit. Diperkirakan, Anna harus terus mendampinginya sehingga tugas sebagai bupati tak mungkin dilakukan dengan fokus sepenuhnya.

Sekretaris Dinas Kominfo Indramayu Wawan Idris tidak menjawab telepon Poskotanews sejak Senin (5/11/2018) hingga siang ini, selasa (6/11/2018). Namun pemantauan menunjukkan kantor bupati tidak ada perubahan berarti. Semua karyawan melakukan aktivitas dengan normal.

“Kebetulan ada kegiatan pemeriksaan rutin oleh jajaran Inspektorat Kabupaten Indramayu,” ujar seorang karyawan yang tak bersedia disebut namanya. Ia menyebut aktifitas kedinasan di jajaran Pemkab Indramayu ditangani Wakil Bupati Supendi bersama Sekda Ahmad Bahtiar dan jajaran pejabat Eselon II B lainnya. (taryani/yp)