Tuesday, 22 October 2019

Sudah 207 Warga Daftar Rumah DP Nol Rupiah Klapa Village

Selasa, 6 November 2018 — 23:59 WIB
Suasana pendaftaran rumah DP nol rupiah di kantor Walikota Jakarta Timur. (ifand)

Suasana pendaftaran rumah DP nol rupiah di kantor Walikota Jakarta Timur. (ifand)

JAKARTA – Sejak pertama kali dibuka, Rabu (31/10/2018), warga yang mendaftar untuk mendapatkan rumah DP nol rupiah di kantor Walikota Jakarta Timur, mencapai 207 orang. Seluruhnya dinyatakan lolos karena telah menyerahkan data-data sebagai syarat yang diajukan untuk mendapatkan hunian tersebut.

Dewi Lestari (33), warga, mengatakan, dirinya datang bersama sang suami sangat menginginkan hunian tanpa dp tersebut. Ketertarikan mulai muncul setelah melihat show unit saat launching dilakukan beberapa waktu lalu.

“Jumat (2/11/2018), kemarin sudah dari sini, cuma kan tenyata harus ada tanda tangan suami juga, jadi balik lagi buat nyerahin berkasnya,” katanya, Selasa (6/11/2018).

Menurut Dewi, dari mendaftarnya, ia mendapatkan penjelasan akan cicilan Rp2,1 juta perbulan. Hal itu dinilai dianggap masih terbilang ringan jika sudah berkeluarga seperti dirinya. “Rumah ini lebih cocok buat pasangan baru yang mau punya rumah, sudah kebelet punya rumah tapi penghasilan di atas Rp4 juta, karena selain tak ada DP, cicilan Rp2,1 juta masih terbilang ringan,” ujarnya.

Meski hunian dp nol rupiah Klapa Village berbentuk rusunawa, Dewi mengaku tak mempermasalahkan hal tersebut. Karena ia menilai, selain letaknya yang strategis, beberapa moda tranportasi umum sudah menjangkau kawasan tersebut. “Ya pokoknya lumayan lah, mudah-mudahan saja rumah itu bisa cepat jadi. Biar bisa ditempati,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasudin Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Jakarta Timur, Yanti mengatakan, calon pendaftar yang akan melakukan pendaftaran dp nol rupiah Klapa Village terus berdatangan. “Hari ini memang baru 48 pemohon, kalau hari pertama mencapai ratusan warga yang mendaftar,” katanya.

Diungkapkan Yanti, sejak pembukaan pendaftaran dp nol rupiah Klapa Village pada Rabu (31/10/2018) hingga hari ini, Senin (5/11/2018) sudah sebanyak 207 pendaftar yang datang. Namun jumlah pendatang lebih dari angka itu karena yang lainnya tidak bisa melengkapi berkas.

“Karena ada beberapa warga yang datang cuma belum dapat mendaftar karena ada beberapa dokumen yang belum lengkap, ada juga mereka yang datang hanya untuk bertanya, tapi tetap kami layani,” katanya.

Pendaftaran rumah dp nol rupiah Klapa Village ini sendiri, akan ditutup pada Senin (20/11/2018) mendatang. Adapun warga memenuhi syarat, yaitu minimal tinggal 5 tahun di Jakarta yang sudah ber-KTP DKI, dan belum memiliki rumah dengan dibuktikan dengan belum pembayaran pajak rumah. Dari data itu, nantinya mereka akan lulus tingkat pertama dalam proses pendaftaran ini. (ifand/ys)