Friday, 13 December 2019

Lagi Ada Pengerjaan Jembatan, Turap Kali Mampang Depok Ambrol

Rabu, 7 November 2018 — 17:25 WIB
Kondisi turap atau pinggir Kali Mamlang dekat jembatan Pitara yang tengah diperbaiki ambrol.  (anton)

Kondisi turap atau pinggir Kali Mamlang dekat jembatan Pitara yang tengah diperbaiki ambrol. (anton)

DEPOK  – Pinggir Kali Mampang, sekitar 10 meter dari proyek Jembatan Pitara,  longsor karena tidak kuat menahan derasnya air saat meluap akibat hujan. Selain itu, Longsor terjadi karena adanya pembelokan arus air yang dilakukan kontraktor yang tengah mengerjakan perbaikan jembatan.

“Kami sudah duga sejak awal bahwa rekanan kontraktor  yang mengerjakan jembatan Pitara, di Jalan  Raya Pitara tidak profesional dan sembrono akibatnya turap pinggir kali di dekat jembatan yang dikerjakan longsor atau ambrol, ” kata Usman,  warga Pitara,  Pancoran Mas,  Depok, Rabu (7/11).

Lahan atau pinggir kali yang tidak dikerjakan sekarang malah longsor sedangkan jembatan yang sedang dibongkar dan akan diperbaiki baru dikerjakan sekitar 20 persen, tuturnya sudah hampir dua pekan atau dua minggu sama sekali belum terlihat adanya pemasangan permanen.

“Malah sekarang bagian lain didekat jembatan yang dibongkar terjadi longsor,” ujar bapak tiga anak ini yang sangat kecewa dengan kinerja kontraktor tersebut.

Tidak Profesional

Longsor dan ambrolnya pinggir Kali Mampang dekat Jembatan Pitara,  diakui Agus Salim,  Sekretaris Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan  Pancoran Mas.

“Sisi kiri turap atau pinggir Kali Mampang sekitar 5 meter dari lokasi jembatan Pitara yang dibongkar ambrol atau longsor cukup parah akibat tergerus air dan tak kuat menahan beban, ” ujarnya.

Longsor atau ambrolnya pinggir Kali Mampang cukup parah sehingga perlu dipasang garis pengaman agar tidak membahayakan pejalan kaki,  tuturnya yang menambahkan untuk jembatan darurat dari kayu terpaksa dipindah karena khawatir bakal longsor lagi.

Mengenai tidak profesionalnya pemborong  yang mengerjakan jembatan Pitara,  imbuh dia,  pihaknya sudah mengingatkan ke DPUPR Kota Depok bahwa rekanan tersebut banyak mengecewakan warga khususnya dalam perbaikan turap kali di Depok selama ini.

Sementara itu,  Kepala Bidang (Kabid) Jalan dan Jembatan di DPUPR Kota Depok,  Artanto,  sebelumnya mengatakan proyek perbaikan jembatan Pitara menelan dana sekitar Rp 950 juta dan diharapkan selesai akhir Desember 2018 mendatang.  “Untuk arus lalu lintas di Jl.  Raya Pitara terpaksa dialihkan melalui Jl. Raya Sawangan, ” katanya.  (anton/win)