Wednesday, 20 November 2019

Timnas Indonesia Wajib Menang atas Thailand Jika Ingin Lolos Semi Final Piala AFF 2018

Sabtu, 17 November 2018 — 11:16 WIB
latihan Timnas Indonesia di Piala AFF 2018. (pssi.org)

latihan Timnas Indonesia di Piala AFF 2018. (pssi.org)

THAILAND –  Duel ‘hidup-mati’ bakal dilakoni Timnas ‘Garuda’ Indonesia saat menghadapi tuan rumah Thailand dalam lanjutan fase Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/11) pukul 18:30 WIB.

Serangan balik yang menjadi senjata ampuh tuan rumah wajib diwaspadai Hansamu Yama Pranata dan kolega jika tidak ingin gagal membawa pulang tiga angka.

Indonesia harus menang dari Thailand jika ingin menjaga kans lolos ke semifinal. Tim ‘Merah-Putih’ menempati posisi kedua Grup B dengan tiga angka. Kalah produktivitas gol dari Thailand, Indonesia unggul dari Filipina dan Singapura di posisi ketiga dan keempat.

Sedangkan Timor Leste yang akan melawan Filipina pada hari yang sama, menjadi juru kunci, tanpa angka. Itu artinya, hanya kemenangan yang bisa membawa Sang Garuda mengambil alih pimpinan grup seraya berharap Filipina gagal menang dari Timor Leste.

Namun  mengalahkan Thailand di Bangkok, bukan perkara mudah bagi skuad asuhan Bima Sakti. Apalagi Sang Garuda tercatat selalu menelan kekalahan setiap bentrok dengan Thailand di Bangkok. Pertemuan terakhir kedua tim di ajang Piala AFF terjadi pada leg kedua partai final, dua tahun silam.

Saat itu, Indonesia yang datang dengan modal kemenangan 2-1, harus melepas gelar usai menyerah 0-2. Kini kedua tim kembali bertemu di fase grup dengan misi yang sama, yakni membidik kemenangan demi menjaga peluang.

Serangan balik kilat tim asuhan Milovan Rajevac saat membantai Timor Leste 7-0, jadi perhatian khusus skuad Bima.

Mantan Kapten Timnas Primavera itu bahkan sudah menyiapkan strategi khusus dalam meredam pergerakan sisi sayap lawan dan bomber andalan Thailand, Adisak Kraisorn.

Sebelumnya, Kraisorn  tampil menggila dengan mencetak enam gol ke gawang Timor Leste. “Kami harus mewaspadai pemain ini. Saya sudah menyiapkan rencana dan saya berharap para pemain bisa menghentikannya,” tegas Bima, usai menjalani latihan, Jumat (16/11/2018).

Selain itu, Bima juga meminta Hansamu Yama Pranata dan kolega tetap disiplin, terutama dalam posisi saat antisipasi serangan balik Thailand.

“Saat diserang terutama perpindahan bola pemain harus selalu mengingat siapa yang mengcover, pressing dan membikin segitiga di belakang. Intinya, semua pemain harus kompak baik menyerang maupun bertahan harus sama-sama,” ujar Bima yang tidak memiliki kendala untuk menurunkan kekuatan penuh pada laga nanti.

Nama-nama seperti Andik Vermansyah, Riko Simanjuntak, Stefano Lilipaly, Evan Dimas, dan Alberto ‘Beto’ Goncalves bahkan tengah dalam kondisi siap tempur.

Sedangkan di kubu Thailand, pelatih Rajevac tidak bisa memainkan keempat bintang andalannya, seperti Kawin Thamsatchanan, Chanathip Songkrasin, Teerasil Dangda, dan Theerathon Bunmathan. Keempatnya harus absen di Piala AFF tahun ini karena terkendala izin dari masing-masing klub. Hal itu memaksa Kraisorn menjadi satu-satunya tumpuan di lini depan Thailand.

REKOR PERTEMUAN:
17/12/16, Thailand v Indonesia 2-0
14/12/16, Indonesia v Thailand 2-1
19/11/16, Thailand v Indonesia 4-2
07/12/10, Indonesia v Thailand 2-1
PRAKIRAAN  PEMAIN:
Thailand (4-2-3-1): Budprom (g); Roller, Hemviboon, Kerdkaew, Wiriyaudomsiri; Puangchan, Kesarat; Dechmitr Pombuppha, Sriyankem; Kraisorn.
Indonesia (4-2-3-1): Andritany (g); Putu Gede, Hansamu, Fachruddin, Alfath Fathier; Evan, Zulfiandi; Andik, Riko, Lilipaly; Beto. (junius/tri)