Sunday, 08 December 2019

Dicukur PSIS 0-3, Persib Bandung Gagal Gusur Persija

Minggu, 18 November 2018 — 19:31 WIB
Pertandingan PSIS vs Persib. (twitter @persib)

Pertandingan PSIS vs Persib. (twitter @persib)

MAGELANG – Persib Bandung kembali gagal mendulang angka setelah dikalahkan tuan rumah PSIS Semarang tiga gol tanpa balas dalam lawatannya pada pekan ke-31 Liga 1 Indonesia, di Stadion Madya Magelang, Minggu (18/11/2018).

Kekalahan tersebut tidak hanya menambah catatan negatif Persib Bandung setelah hanya sekali menang dalam delapan laga terakhir. Tim berjuluk Maung Bandung ini pun gagal memaksimalkan peluang menggusur Persija Jakarta dari peringkat kedua klasemen.

Dengan hasil tersebut, posisi Persib Bandung di klasemen sementara tertahan di baris ketiga dengan koleksi 49 poin atau terpaut 1 angka dari Persija Jakarta yang masih menyimpan satu laga tunda dan tertinggal lima angka dari pemuncak klasemen, PSM Makassar. Sebaliknya, kemenangan atas Persib mendongkrak posisi PSIS ke urutan kesembilan dengan 42 poin.

(BacaPersija Ditahan Imbang PSM 2-2 Persaingan Berebut Juara Sengit)

Bermain di kandang lawan, Persib Bandung  sebetulnya tampil baik pada menit-menit awal pertandingan. Peluang bahkan berhasil mereka peroleh lebih dulu pada menit keempat melalui tendangan Henhen Herdiana. Namun bola yang sedianya ditujukan untuk mengumpan ke kawannya itu melambung tipis di atas gawang PSIS.

Pertandingan berlangsung seru karena 11 menit kemudian PSIS pun menciptakan peluang. Ibrahim Conteh melepaskan tembakan untuk membuka keran gol bagi PSIS, namun bola masih bisa ditangkap kiper Persib, I Made Wirawan.

Keunggulan bagi tuan rumah akhirnya benar-benar tercipta pada menit ke-17. Sundulan Bruno Silva yang memotong umpan silang Hari Nur Yulianto tak dapat dibendung I Made Wirawan. Skor 1-0 untuk PSIS.

Setelah tertinggal, Persib lantas menggencarkan sejumlah serangan. Namun Ezechiel N’Douassel dkk tampak masih kesulitan untuk mencari celah di antara lini pertahanan PSIS. Skor tersebut pun tak berubah hingga jeda.

Memasuki babak kedua, PSIS langsung berinisiatif menyerang. Namun sepakan Conteh dan Safrudin Tahar masih belum tepat sasaran.

Peluang dari tendangan bebas Bruno pun masih bisa ditepis I Made Wirawan yang berdampak bola hanya membentur tiang gawang.

Meski terus diserang, Persib Bandung juga beberapa kali mengancam gawang PSIS. Ezechiel N’Douassel sempat mendapat peluang emas, namun sundulannya masih melambung tipis di atas gawang.

Perubahan strategi kemudian dilakukan pelatih Persib, Mario Gomez, dengan memasukkan Jonathan Bauman dan Ghozali Muharram Siregar untuk menggantikan Agung Mulyadi dan Puja Abdillah. Hasilnya, Persib semakin banyak menyerang.

Namun, keasyikan menyerang tak diimbangi dengan fokus terhadap baris pertahanan. Persib Bandung justru kebobolan pada menit ke-69. Tanpa pengawalan ketat, Hari Nur terlihat mudah melepas tendangan dengan memanfaatkan umpan mendatar Bruno dan berhasil menambah keunggulan timnya menjadi 2-0.

Meski begitu Persib belum menyerah. Ghozali memberikan ancaman lewat tendangan akrobatnya, namun sayang bola hanya membentur tiang gawang.

Kondisi ini pun dimanfaatkan PSIS dengan selanjutnya mengandalkan strategi serangan balik yang cepat. Tim Mahesa Jenar itu pun sukses menerapkan strategi tersebut pada menit ke-75. Mereka berhasil menambah keunggulan menjadi 3-0 berkat aksi Conteh memanfaatkan umpan silang mendatar Bayu Nugroho. Skor ini bertahan hingga laga bubar.

Sementara itu, pada laga lainnya, Bali United menjamu Persebaya Surabaya, di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. Kedudukan sementara Bali United tertinggal 0-3 dari kesebelasan tetangganya itu pada babak pertama. (ys)

 

Susunan Pemain

PSIS Semarang: Jandia Eka Putra; Gilang Ginarsa, Haudi Abdillah, M. Rio Saputro, Safrudin Tahar; Bayu Nugroho, Ibrahim Conteh, Muhamad Yunus, Nerius Alom; Hari Nur Yulianto, Bruno Silva.

Pelatih: Jafri Sastra

Persib Bandung: I Made Wirawan; Henhen Herdiana, Bojan Malisic, Tony Sucipto, Victor Igbonefo; Hariono, Atep, Oh In-Kyun, Puja Abdilah; Agung Mulyadi, Ezechiel N’Douassel.

Pelatih: Roberto Mario Carlos Gomez