Sunday, 17 November 2019

Ngotot Tunjuk BUMD Bangun Stadion BMW, Anies Minta Dukungan Jakmania

Senin, 19 November 2018 — 18:10 WIB
Maket Stadion BMW.

Maket Stadion BMW.

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersikeras menunjuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sebagai kontraktor pembangunan stadion berstandar internasional di Taman Bersih Manusiawi dan Berwibawa (BMW), Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Alasannya, ia ingin pengelolaan stadion yang diproyeksikan menjadi markas Persija itu nantinya lebih baik.

Anies juga menegaskan bahwa ia tidak ingin Stadion BMW nantinya berakhir menyerupai Gelanggang Olahraga dan Remaja (GOR) pada umumnya. Ia menginginkan stadion ini dibangun dengan megah sehingga dapat dijadikan salah satu ikon di ibukota.

“Kenapa saya menugaskan BUMD untuk melakukan? Satu, kami tidak ingin stadion ini seperti GOR. Gelanggang olahraga yang maintenance-nya ala kadarnya, yang pemanfaatannya itu-itu saja. Ini harus menjadi salah satu ikon DKI yang dikelola secara bisnis yang baik,” kata Anies, di Balaikota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (19/11/2018).

(BacaStadion BMW Dibangun Dirancang Juga Untuk Konser)

Menurut Anies, BUMD dapat mengelola stadion ini lebih baik jika dibandingkan dengan pemerintah atau dinas terkait yang mengelolanya. Sebab, stadion ini nantinya bukan hanya dijadikan sebagai sarana untuk sepakbola semata, melainkan untuk berbagai kegiatan di luar olahraga.

“Kalau ini dikerjakan oleh pemerintah nanti kami akan mengeluarkan ini seperti kami mengelola GOR selama ini. GOR-GOR kita yang ada, untuk kegiatan ala komunitas itu tepat. Tetapi untuk stadion dengan kelas internasional, lihat apa yang kita lakukan di Velodrome. Itu bangunannya salah satu bangunan Velodrome terbaik di dunia,” ujarnya.

(BacaPembangunan Stadion Taman BMW Butuh Anggaran Rp4,5 Triliun)

Ia pun memberikan contoh bagaimana equestrian di Pulomas dibangun oleh BUMD. Hasilnya, equestrian tersebut menjadi salah satu equestrian terbaik di dunia. “Jadi kami sudah punya contoh nih, bahwa dengan diserahkan kepada BUMD mereka bisa membangun dengan standar yang tinggi dan pengelolaannya nanti b to b (business to business). Pengelolaan b to b ini membuat ini bisa maju dan berkembang,” imbuh mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Karenanya ia pun meminta doa dan dukungan dari suporter Persija, Jakmania, agar pembangunan Stadion BMW segera dapat direalisasikan. “Jadi saya mohon doanya dari suporter Persija, dari Jakmania, doakan agar kami bisa segera membangun stadion itu,” tuntas Anies.

(BacaKetua DPRD Dorong Anggaran Stadion Persija Dialihkan ke Dispora)

Sebelumnya, Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi mendorong agar anggaran pembangunan Stadion Taman BMW di Jakarta Utara dialihkan ke Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora). Menurut pria yang akrab disapa Pras itu, akan lebih mudah dalam proses pencairan dana anggaran tanpa harus mengubah Peraturan Daerah (Perda) ketika melalui Dispora dibanding harus melalui BUMD.

(BacaDPRD DKI Tolak Dana Pembangunan Stadion Persija, Ini Alasannya)

“Stadion BMW harus ada. Tetapi tidak di Jakpro. Di bawah SKPD penganggarannya akan lebih mudah, tanpa harus mengubah Perda,” kata Pras di Gedung DPRD DKI, Rabu pekan lalu. (cw2/ys)