Tuesday, 22 October 2019

Jamu Persela di SUGBK, Persija Bakal All Out!

Selasa, 20 November 2018 — 5:30 WIB
Pelatih Persija Jakarta, Stefano 'Teco' Cugurra memberikan keterangan kepada pers menjelang pertandingan melawan Persela Lamongan. (ist)

Pelatih Persija Jakarta, Stefano 'Teco' Cugurra memberikan keterangan kepada pers menjelang pertandingan melawan Persela Lamongan. (ist)

JAKARTA – Persija Jakarta bakal menjamu Persela Lamongan dalam laga tunda Liga 1 Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (20/11/2018) pukul 18:30 WIB. Lebih dari sekadar memangkas jarak dengan PSM Makassar, laga ini juga menjadi ajang pembuktian bagi tim berjuluk Macan Kemayoran yang sudah selayaknya bisa bermain di hadapan publik ibukota.

Sejak ditutupnya Stadion Lebak Bulus pada 2015, Macan Kemayoran menjelma menjadi salah satu tim ‘musafir’ alias tidak memiliki tempat yang tetap untuk menjamu lawan-lawan mereka di partai kandang. Dalam beberapa tahun terakhir, tim kebanggaan masyarakat Jakarta itu bahkan sempat terusir dari ibukota karena sulitnya mendapatkan izin menggelar pertandingan dengan alasan keamanan.

Khusus di Liga 1 musim ini, tercatat hanya sekali Persija bisa menggunakan SUGBK, stadion terbesar di Jakarta saat menghadapi Bhayangkara FC pada 23 Maret lalu.

Itu pun terjadi bukan karena Persija tampil sebagai tuan rumah, melainkan karena partai pembuka, tanda dimulainya Liga 1 musim ini. Selanjutnya, Persija terusir ke pinggiran Ibukota dan harus mengungsi ke Stadion Patriot Candrabhaga di Kota Bekasi untuk menggelar partai kandang mereka.

(BacaNgotot Tunjuk BUMD Bangun Stadion BMW, Anies Minta Dukungan Jakmania)

Kerinduan Persija bisa memiliki stadion sendiri semakin menggelora saat mereka harus diasingkan ke Jawa Tengah untuk menggelar laga tandang menjelang Asian Games dan Asian Para Games 2018.

Pasca-Asian Games dan Asian Para Games 2018, kerinduan Persija untuk menggunakan SUGBK pun masih terkendala izin. Persija pun terpaksa harus menjauh dari ibukota kala menjamu PS Tira di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi yang berakhir imbang tanpa gol pada 10 November silam.

Penantian panjang Persija untuk bisa bermain di SUGBK pun akhirnya terkabul saat menjamu Persela nanti. Meski bertajuk partai tunda, namun laga ini begitu penting bagi skuat Stefano ‘Teco’ Cugurra dalam menyongsong gelar juara.

Pasalnya, Persija masih tetap bertahan di tangga kedua klasemen sementara dengan 50 poin dari 30 laga. Macan Kemayoran unggul satu angka dari Persib Bandung yang sudah melakoni 31 laga usai kalah 0-3 dari tuan rumah PSIS Semarang, Minggu (18/11/2018) kemarin.

(BacaDicukur PSIS 0-3, Persib Bandung Gagal Gusur Persija)

Persija hanya tertinggal empat angka dari pimpinan klasemen, PSM Makassar. Itu artinya, Macan Kemayoran punya peluang memangkas jarak dengan PSM, menjadi satu angka jika bisa mengalahkan Persela pada laga nanti.

Teco bahkan optimis setelah Persija kembali bisa bermain di SUGBK untuk pertama kalinya di putaran kedua Liga 1 musim. Ini.

“Pastinya kami ingin menang. Saya juga senang akhirnya kami bisa bermain di GBK lagi. Ini stadion paling bagus se-Indonesia. Kami harus kerja buat menang dan yang paling penting kami sudah di Jakarta, tentunya kami akan bermain All Out,” kata Teco yang juga mengingatkan para suporter, khususnya The Jakmania bisa mendukung dengan tertib dan menjaga pertandingan tetap kondusif.

Hal itu kerap diserukan Teco demi meyakinkan publik bahwa Persija layak untuk bermain di ibukota, sehingga tidak terusir lagi dari Jakarta.

(BacaPersija Kian Mantap Hadapi Persela)

Di sisi lain, Teco juga tetap mewaspadai Persela yang masih berambisi mencuri angka demi mengamankan posisi di Liga 1 musim depan. Tim berjuluk Laskar Joko Tingkir itu mengoleksi 42 poin dari 30 laga, atau unggul enam angka dari batas akhir zona degradasi, hunian PS Tira. Selain itu, Persela juga pernah mengalahkan Persija 2-0 pada pertemuan pertama di Lamongan bulan Mei lalu.

Pada laga tunda lainnya, Senin (19/11/2018) malam WIB, Bhayangkara FC berhasil melipat tamunya Persipura Jayapura 2-0 di Stadion PTIK, Jakarta. Dua gol penentu kemenangan BFC dicetak Alsan Sanda (74′) dan Herman Epandi (penalti, 82′). (junius/ys)