Friday, 06 December 2019

Diselenggarakan Kemendikbud

242 Film Fiksi dan 72 Film Dokumenter Ikut Gelar Karya Film Pelajar

Jumat, 23 November 2018 — 10:24 WIB
Mendikbud Muhadjir Efendi bersama Ketum Pafindo Bagiono Prabowi dan para artis film. (ali)

Mendikbud Muhadjir Efendi bersama Ketum Pafindo Bagiono Prabowi dan para artis film. (ali)

JAKARTA –  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia lewat Satuan Kerja Pusat Pengembangan Perfilman, menggelar Malam Anugerah Gelar Karya Film Pelajar mulai 22 sampai 24 November di Plaza Insan Berprestasi Kemendikbud RI.

Sebanyak 242 film fiksi dan 72 film dokumenter masuk ke meja dewan juri. Setelah melalui proses seleksi, terpilih 6 judul film fiksi dan 6 film dokumenter.

Jumlah film yang masuk tahun 2018 ini menurut Mendikbud Muhadjir Efendi, naik secara signifikan, hampir seratus persen.

“Tahun lalu sebanyak 142 judul. Tahun ini jumlahnya lebih banyak. Ini adalah hal yang menggembirakan dan layak diapresiasi. Para pelajar makin banyak yang meminati lahan film sebagai ajang kreatifitas positif dan produktif, karena film juga sebagai pekerjaan masa depan yang sangat menjanjikan, ” ujar Muhadjir Efendi.

Menurutnya, tujuan program ini adalah untuk menumbuhkan generasi muda perfilman, meningkatkan jumlah film pendek, dokumenter dan fiksi secara kuantitas yang diimbangi dengan kualitas di kalangan pelajar.

“Selain itu untuk mengembangkan nilai-nilai pembelajaran bagi masyarakat luas tentang tema-tema yang positif dalam karya-karya film pelajar. Sebab melalui media film, pesan yang disampaikan akan mudah dipahami secara universal,” imbuhnya.

Diantara film-film hasil seleksi berlapis tersebut antara lain berjudul Juang,  Bun, Sri, Tetuka, Ngabekti, Tonggak Babeliang dan lainnya.

Dalam acara tersebut, Pafindo dipercaya mewakili organisasi perfilman.

Selain ketua Pafindo, Bagiono Prabowo, sejumlah artis juga hadir seperti Rency Milano, Gerry Iskak, Rony Dozer dan lainnya.

Kepala Sinematek Indonesia, produser dan sutradara Adi Soerya Abdi juga hadir mendampingi Muhadjir Efendi saat mengunjungi dan melihat pameran mini film nasional di lokasi yang sama.

“Kami hadir disini sebagai wujud apresiasi kami sebagai wadah kreatifitas masyarakat film nasional terhadap program Kemendikbud tentang film-film karya pelajar,” terang Bagiono Prabowo.(ali/tri)