Monday, 09 December 2019

Bungkam Arsenal 0-2 Tottenham Hotspur ke Semifinal Piala Liga

Kamis, 20 Desember 2018 — 5:24 WIB
Dele Alli dan Son Heung-min pencetak kedua gol Hotspur ke gawang Arsenal (reuters)

Dele Alli dan Son Heung-min pencetak kedua gol Hotspur ke gawang Arsenal (reuters)

INGGRIS– Tottenham Hotspur berhasil membungkam Arsenal 2-0 pada babak perempat final Piala Liga di Emirates, Kamis (20/12/2018) dinihari WIB. Dengan kemenangan ini Hotspur menyusul Manchester City ke semifinal yang pada laga sebelumnya mengalahkan Liecester City lewat adu penalti.

Kemenangan Spurs atas tuan rumah Arsenal ditentukan oleh gol Son Heung-Min pada menit ke-20 dan gol Dele Alli menit ke-59.

Bagi Arsenal ini adalah kekalahan dua kali berturut-turut setelah sebelumnya di Liga Inggris juga kalah yang mengakhirnya ketangguhan The Gunners tidak terkelahkan di 21 laga di semua kompetisi.

Kekalahan ini tentu sangat menyesakkan bagi pemain-pemain Arsenal. Selain sebagai tuan rumah mereka sebetulnya lebih menguasai pertandingan sejak menit awal.

Data yang ada Arsenal mengusai laga hingga 54 persen dan mampu melepaskan tembakan meski tidak tepat sasaran ke gawang Gazzaniga delapan kali.

Nyatanya permainan Tottenham Hotspur lebih efektif sebab dari tiga peluang yang mereka miliki mampu dua dijadikan gol.

Sementara bagi Spurs kemenangan ini adalah sebagai pembalasan ketika dua minggu lalu, dalam lanjutan Liga Primer Inggris, The Gunners mengalahkan The Lilywhites dengan skor telak 4-2.

Oleh karena itu manajer Mauricio Pochettino yang berharap trofi Piala Liga adalah salah satu yang mereka ingin raih sejak menit awal menurunkan pemain terbaiknya.

Buktinya menit ke-20, Spurs sudah unggul. Berawal dari umpan yang dilepas oleh Dele Ali lalu bola disambut oleh Son Heung-Min yang lolos dari jebakan offside dan dengan mudah pemain asal Korea Selatan itu menaklukkan kiper Petr Cech .

Gol itu menghentakkan pemain-pemain Arsenal. Tidak ingin dipermalukan di depan pendukungnya Arsenal lalu meningkatkan tekanan ke pertahanan Spurs.

Menit ke-43 Arsenal nyaris menyamakan kedudukan. Umpan silang Iwobi berhasil dikuasai oleh Ramsey yang lantas menendang bola namun Gazzaniga melakukan penyelamatan gemilang sehingga gawangnya tidak jebol. Babak pertama berakhir dengan kedudukan 1-0.

Memasuki babak kedua, Arsenal langsung melakukan pergantian pemain. Henrikh Mkhitaryan keluar lalu digantkan oleh Laurent Koscielny

Arsenal terus menggempur barisan pertahanan Spurs . Namun keenakan menyerang justru lupa bertahan sehingga mereka kembali kebobolan menit ke-52.

Lewat serangan balik, Harry Kane memberikan umpan kepada Dele Alli yang juga lepas dari jebakan offside. Dengan cerdiknya Alli mencongkel bola melewati Cech yang membuat kiper gaek itu terdiam melihat gawangnya kembali bobol.

Tuan ruma tidak patah arang. Mereka terus mencari gol. Menit ke-61, Monreal memberikan umpan kepada Aubameyang yang lepas dari jebakan offside. Oleh Aubameyang bola diberikan kepada Lacazette, tetapi tembakan pemain asal Prancis itu masih mengenai tiang gawang.

Arsenal terus menekan pertahanan Spurs. Gemilangnya Gazzaniga di bawa mistar gawang membuat usaha anak-anak Gudang Peluru selalu gagal. Pada menit ke-76 sepakan Aubaemyang sempat kembali mengenai mistar gawang dan menimbulkan ketegangan di kotak penalti . Tetapi penggawa Spurs berhasil mengamankannya.

Sementara Arsenal berusaha mencuri gol sedangkan Totteham Hotspur berusaha mengulur-ulur waktu dengan berharap tetap unggul 2-0.

Bahkan Alli harus menerima kartu kuning karena terus menggiring bola meski telah terperangkap offside. Xhaka terlihat sangat kesal akan ulah pemain Timnas Inggris itu.

Ternyata taktik Spurs berhasil dan mereka tetap menang berhasil menyingkirkan tim sekotanya di London Inggris itu dari perburuan Piala Liga.

Laju sang runner-up musim lalu, Arsenal harus terhenti di delapan besar dari rival sekota mereka, Tottenham Hotspur. Spurs, Chelsea, Manchester City dan kejutan, Burton Albion akan saling beradu memperebutkan dua tiket ke partai puncak. (b)