Monday, 21 October 2019

Gerobak Diangkut Petugas, Pedagang Kaki-5 Ini Memohon-mohon

Kamis, 20 Desember 2018 — 0:45 WIB
Petugas Satpol PP saat merazia pedagang kaki-5 di kawasan Jatinegara. (Ifand)

Petugas Satpol PP saat merazia pedagang kaki-5 di kawasan Jatinegara. (Ifand)

JAKARTA– Aksi tarik menarik mewarnai razia pedagang kaki-5 yang biasa mangkal di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (19/12/2018). Meski pedagang sempat memohon, namun petugas tetap saja mengangkut gerobak yang biasa digunakan menggelar dagangan.

Seno, 51, pedagang minuman memohon agar gerobak dagangannya tak diangkut petugas. Ia mengaku terpaksa berjualan di atas trotoar agar bisa tetap mencari rejeki demi keluarga. “Jangan dibawa gerobaknya pak, saya janji nggak bakal jualan disini lagi. Itu gerobaknya saya bawa saja pak, buat saya jualan ditempat lain,” katanya, Rabu (19/12).

Dikatakan Seno, dirinya terpaksa jualan di atas trotoar karena ikut dengan pedagang lain yang ada di lokasi. Pasalnya, bila harus menyewa kios, berapa lagi modal yang diperlukan hanya demi untuk menjual minuman. “Lakunya juga nggak seberapa, karena yang penting dirumah bisa pada makan saja,” ujarnya.

Camat Jatinegara Nasrudin Abubakar mengatakan, razia yang dilakukan pihaknya sebagai tindak lanjut atas keluhan warga yang disampaikan ke Redaksi Pos Kota. “Kegiatan itu sekaligus menjawab keluhan yang sebelumnya disampaikan warga melalui redaksi Pos Kota,” ujarnya.

Di mana dalam keluhan itu bertuliskan,” Mohon untuk ditertibkan PKL dan parkir liar yang ada di daerah Jatinegara, Jakarta Timur, karena keseluruhan trotoar dipenuhi oleh PKL dan separuh badan jalan juga berjejer kendaraan yang parkir membuat kesemrawutan dan kemacetan dijalan tersebut, apa tidak ada tindakan yang tegas dari institusi terkait mengenai malah ini. Terima kasih (0857775228xx)

Sedikitnya, kata camat, ada tujuh gerobak milik pedagang kaki-5 yang diangkut petugas dalam penindakan tersebut. Bahkan, anggota satpol PP juga memburu lapak-lapak yang disembunyikan di areal milik PT KAI. “Semuanya kami angkut dan dikirim ke gudang satpol PP di Cakung, agar besok mereka tak kembali berjualan diatas trotoar,” ujar camat Jatinegara.

Selain menindak pedagang kaki-5, sambung Nasrudin, petugas juga mengamankan lima penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS). Keseluruhnya dijaring dan langsung diserahkan ke panti sosial untuk mendapat pembinaan. “Melalui razia ini kami ingin menciptakan ketertiban di wilayah ibukota khususnya di Jatinegara,” pungkasnya. (Ifand/b)

Terbaru

Ilustrasi
Senin, 21/10/2019 — 12:13 WIB
Karyawan Hotel Ditemukan Tewas di Lantai 6
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan. (firda)
Senin, 21/10/2019 — 11:30 WIB
Polisi Terjunkan 1500 Personel Kawal Demo Mahasiswa
Mahfud MD.
Senin, 21/10/2019 — 11:13 WIB
Banyak Bicara Hukum & HAM
Belum Tau Jadi Menteri Apa, Mahfud: Saya Diminta Membantu Beliau