Thursday, 21 November 2019

Survei Indikator, Jokowi-Ma’ruf Masih Unggul 20 Persen

Selasa, 8 Januari 2019 — 16:47 WIB
Jokowi-Ma'ruf

Jokowi-Ma'ruf

JAKARTA – Pasangan Joko Widodo – KH Ma’ruf Amien (Jokowi-Ma’ruf) masih unggul dalam elektabailitas (keterpilihan) berdassarkan hasil survei terbaru lembaga survei Indikator.

“Jokowi-Ma’ruf mendapat 54.9 persen, Prabowo-Sandiaga Uno 34,8 persen,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, di Jakarta, Selasa (8/1/2019).

Dalam survei ini, memperoleh gambaran bahwa 1,1 persen pemilih menyatakan tidak memilih (golput). Sisanya ada 9.2 persen menyatakan belum menentukan pilihan.

Karena masa kampanye masih ada tiga bulan lagi, Burhanuddin mengatakan perkembangan masih bisa saja terjadi, dan kondisi pemilih bisa berubah, Kalau dibandingkan bulan Oktober 2018, kedua pasangan terlihat mengalami peningkatan, dan jumlah yang belum menentukan pilihan semakin mengecil.

“Masih ada tiga bulan, perubahan bisa saja terjadi dalam pertarungan ini, selisih 20 persen itu pun belum bisa dikatakan aman bagi Jokowi-Ma’ruf,” ujarnya.

Dikatakannya, margin of error rata-rata sebesar plus minus 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Survei Indikator dilakukan pada 6-16 Desember 2018 dan melibatkan 1.220 responden dengan multistage random sampling di seluruh Indonesia. (*/win)