Saturday, 14 December 2019

Tiga Rumah Mewah di Pondok Indah Diobrak-Abrik Petugas

Selasa, 22 Januari 2019 — 17:27 WIB
Bangunan mewah tiga unit di Pondok Indah di bongkar. (wandi)

Bangunan mewah tiga unit di Pondok Indah di bongkar. (wandi)

JAKARTA– Tiga unit rumah mewah berlantai dua di Jalan Alam Elok IX Sektor IV Blok UY Pondok Indah, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan diobrak-abrik petugas. Pembongkaran ini dilakukan karena bangunan tersebut melanggar Ijin Mendirikan Bangunan (IMB).

Kasat Pol PP, Jakarta Selatan, Ujang Hermawan mengatakan, penggempuran bangunan mewah ini juga atas rekomtek Suku Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (Citata). Ini dilakukan karena menyerobot garis sepadan bangunan (GSB).

“IMB-nya untuk satu unit, tapi dibangun malah tiga unit. Belum lagi ada bagian bangunan juga melanggar GSB,” kata Ujang Harmawan, Selasa (22/1/2019).

Kasi Trantibum Satpol PP Jaksel Luasman Manihuruk menyatakan bagian bangunan yang dibongkar paksa merupakan rekomtek Suku Dinas Citata. Selain atap dan dinding bangunan, bagian dak lantai dua dibongkar karena tidak sesuai dengan gambar di IMB.

“Pelanggarannya tidak sesuai IMB dan melanggar GSB sekitar 4 x 12 meter. Jadi yang kita bongkar bagian bangunan yang melanggar IMB,” ujar Luasman Manihuruk.

Dalam IMB yang dimiliki, pembangunan harusnya untuk satu rumah. Namun faktanya, bangunan di atas lahan 270 meter persegi itu disekat-sekat menjadi tiga unit dengan luas masing-masing bangunan 70 meter. Atas kondisi inilah pihak Citata rekontek untuk diambil tindakan dibongkar.

Luasman Manihuruk juga meminta kepada pemilik untuk segera mengurus izin ke PTSP. Jika menurut PTSP masih memungkinkan masuk izin, pihaknya akan memberikan kesempatan mengurusnya..(wandi/b)