Saturday, 07 December 2019

PSSI Tidak Bisa Berikan Dispensasi ke Persija Mainkan Empat Pemain Anyar

Jumat, 25 Januari 2019 — 6:22 WIB
Marko Simic kemungkinan dapat dimainkan saat Persija Jakarta berjumpa Bali United pada laga perempat final Piala Indonesia. (rihadin)

Marko Simic kemungkinan dapat dimainkan saat Persija Jakarta berjumpa Bali United pada laga perempat final Piala Indonesia. (rihadin)

JAKARTA – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) tidak bisa memenuhi permohonan dispensasi kepada empat pemain anyar Persija Jakarta untuk menghadapi Home United pada ajang Kualifikasi Liga Champions Asia (LCA) di Singapura pada 5 Februari mendatang. Hal itu kembali dipertegas Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, Kamis (24/1).

“Transfer window dari FIFA, hanya diperbolehkan untuk dibuka di 84 hari. Selain itu, transfer window tersebut harus dibuka melewati waktu kick-off Liga 1. Dikarenakan ada agenda nasional Pilpres 2019, maka kick-off Liga 1 selambat-lambatnya dimulai dua minggu setelah Pilpres 2019, yaitu antara 1-8 Mei mendatang,” kata Tisha, usai memberberkan target Timnas di bawah asuhan Simon McMenemy di Jakarta, Kamis (24/1).

HARUS DITUTUP

“Maka dari itu, transfer window harus ditutup pada 9 Mei 2019. Karena 84 hari kalau kita tarik dari 9 Mei, jatuhnya di 15 Februari 2019, tidak bisa lebih cepat. Sedangkan untuk pemain yang akan bermain di area internasional dan juga berpindah, memerlukan ITC (Internasional Transfer Certificate red). ITC itu bisa didapatkan, apabila regrestasinya dilakukan pada saat transfer window itu dan transfer window di Indonesia harus dibuka pada 15 Februari 2019,” ungkap wanita kelahiran 1985 silam tersebut.

Lebih lanjut, Tisha menambahkan bahwa pihaknya sudah mengajukan permohonan dispensasi terkait tiga pemain asing Persija yang baru ditransfer sepanjang bulan Januari ini kepada Federasi Sepakbola Asia (AFC) agar dapat berlaga di ajang Kualifikasi Liga Champions Asia (LCA). Namun pihak AFC tidak menyetujui permohonan tersebut. “Jadi pihak AFC tidak menyetujui para pemain untuk berlaga di ajang internasional, tanpa ITC,” lanjut Tisha.

Sebelumnya, Persija telah memboyong empat pemain anyar sepanjang bulan Januari 2019 ini dengan harapan bisa menambah amunisi skuad asuhan Ivan Kolev untuk berlaga di ajang LCA. Adapun keempat pemain ayar tersebut, tiga di antaranya merupakan legiun asing seperti Vinicius Lopes Laurindo, Bruno Oliviera Matos, dan Jahongir Abdumuminov. Sementara satu pemain lainnya merupakan pemain lokal, yakni Ryuji Utomo Prabowo. (junius/bu)