Monday, 18 November 2019

Divonis 1 Tahun 6 Bulan, Ahmad Dhani Ajukan Banding

Senin, 28 Januari 2019 — 17:54 WIB
Ahmad Dhani saat menjalani persidangan. (cw6)

Ahmad Dhani saat menjalani persidangan. (cw6)

JAKARTA – Musisi Ahmad Dhani akan mengajukan banding atas putusan Majelis Hakim Pengadilan Jakarta Selatan, Ratmoho yang menjatuhi hukuman kepadanya 1 tahun 6 bulan terkait kasus ujaran kebencian.

Hal tersebut dikatakan salah satu kuasa hukum Dhani, Hendarsam, usai persidangan.  “Satu hari pun dinyatakan bersalah kita akan banding,” ucapnya di lokasi, Senin (28/1/2019).

Dhani pun langsung ditahan di Rutan Cipinang. Hendarsam pun menyamakan pengorbanan Dhani seperti pahlawan Dipinegoro.  “Ya itu merupakan resiko saya kira. Jadi perjuangan itu! Diponegoro juga dulu ditahan. Imam bonjol juga dulu ditahan semua pahlawan kita pun sempat merasakan penahanan,” katanya.

Di lokasi yang sama, Dhani mengaku akan menjalankan semua mekanisme hukum. Salah satunya ialah mengajukan banding.

“Kalau saya kan semua proses hukum ada mekanismenya dan kita akan jalankan semua mekanisme kalau kita memang tidak puas ya kita upaya hukum banding jadi,” paparnya. “Iya-iya ini kita sekarang menuju ke kejaksaan untuk melakukan proses yang dibutuhkan,” sambung Dhani.

(Baca: Ditahan di Rutan Cipinang, Ahmad Dhani Naik Mobil Tahanan Kejari)

Sebelumnya, Majelis Hakim Pengadilan NegeriJakarta Selatan, Ratmoho menjatuhkan putusan hukuman penjara 1 tahun 6 bulan kepada Ahmad Dhani terkait kasus ujaran kebencian.

Vonis tersebut dijatuhkan setelah majelis hakim mempertimbangkan beberapa hal yang meringankan dan memberatkan Dhani selama porses persidangan.

“Hal-hal yang meringankan, terdakwa belum pernah dihukum, berlaku sopan dan kooperatif. Sedang yang memberatkan, perbuatan terdakwa dapat menimbulkan keresahan di masyarakat,” katanya.

Dhani terbukti melanggar pasal 45 a ayat 2 juncto pasal 28 ayat 2 Tentang Informasi Elektronik juntco pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. (cw6/win)