Tuesday, 10 December 2019

Sutradara Natasha Dematra Raih Gold Awards International California Film Award 2019

Senin, 4 Februari 2019 — 10:33 WIB
Sutradara muda Natasha Dematra.(ali)

Sutradara muda Natasha Dematra.(ali)

JAKARTA – Atas kreatifitasnya memperjuangkan perdamaian dan kesetaraan melalui pendekatan seni, sutradara muda Natasha Dematra (20) memperoleh Penghargaan Gold Award Internasional California Film Awards 2019.

Memperingati World Interfaith Harmony Week (Pekan Harmoni Antar Agama Sedunia) yang dicanangkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa sejak tahun 2010 lalu, Visions of Peace Awards (VOP) melakukan tur misi perdamaian ke lima kota dan wilayah di Indonesia (Bandung, Madura, Malang, Surabaya dan Bali) dengan menyelenggarakan Acara Penghargaan bagi para juara lomba seni bertema perdamaian.

World Interfaith Harmony Week merupakan refleksi satu minggu yang dipenuhi aktivitas pesan perdamaian dan toleransi antar agama di dunia. Visions of Peace Awards sendiri merupakan ajang lomba kreatif yang ditujukan bagi generasi muda Indonesia, khususnya usia 5 sampai dengan 18 tahun.

Festival ini berfokus untuk menggemakan pesan perdamaian melalui cara kreatif, seperti film, lagu, tari, cerita, gambar, lukisan, fotografi dan bentuk kreatif lainnya.

Refleksi World Interfaith Harmony Week ditutup di Pulau Bali setelah sebelumnya berkeliling ke Madura dan Surabaya, di mana peserta lomba didominasi generasi muda beragama Hindu.

“Misi dan visi dari VOP adalah menggemakan perdamaian dan toleransi kepada generasi muda lewat cara kreatif. Melihat hasil karya anak-anak Indonesia yang berbeda agama namun sangat kaya akan pesan Bhinneka Tunggal Ika, sangat menyentuh. Saya harap VOP tidak hanya berhenti di sini, dapat berlanjut ke kota-kota lainnya, dan terus menginspirasi dan mengubah hidup generasi muda Indonesia,” ucap Natasha Dematra, co-founder Visions of Peace Awards (VOP) yang juga peraih lebih dari 170 penghargaan internasional dan nasional ini.

Di tengah kesibukan Natasha sebagai salah satu juri Visions of Peace Awards, gadis peraih rekor dunia Sutradara Perempuan Termuda untuk Film Panjang di Dunia ini, juga meraih penghargaan untuk film besutannya, PLANET 50-50, yang sebelumnya telah meraih berbagai penghargaan di Eropa dan AS.

California Film Awards, festival film internasional di California, di tahun ke-9-nya ini, memberikan penghargaan Gold Award dalam kategori film dokumenter.

Planet 50-50 merupakan film dokumenter yang membawa pesan perdamaian dan mengangkat isu kesetaraan gender dimana pada tahun 2030, kesetaraan gender diharapkan akan tercapai dan kekerasan kepada hak-hak wanita tidak terulang lagi.

Direktur festival California Film Awards, James Nicholas dalam pesan tertulisnya mengatakan bahwa film PLANET 50-50 bersaing bersama ribuan film dari berbagai negara.(ali/tri)