Friday, 15 November 2019

Mobil Damkar Tangsel Terguling Memakan Korban, Begini Perhatian Airin

Rabu, 6 Februari 2019 — 20:38 WIB
damkar

TANGSEL –  Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany minta jajaran Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar)  Kota Tangsel  untuk mengecek kondisi kerusakan dan biaya perbaikan mobil Damkar no Pol. B 9005 NHA yang terbalik termasuk diasuransikan atau tidak.

“Saya sudah minta  agar anggota Damkar yang mengalami kecelakaan akibat mobil terbalik usai bertugas, Selasa (5/2/2019) dicek kembali kesehatannya, agar tidak ada masalah dengan kesehatan petugas tersebut, ” ucap Walikota Tangsel Airin, Rabu.

Dalam kesempatan itu Airin didampingi Wakil Walikota Benyamin Davnie dan Kepala Damkar Tangsel Uci Sanusi, saat membesuk Doni Syahputera, anggota Damkar yang dirawat di RS Omni Alam Sutera, Serpong,  Rabu (6/2), sebagai korban kecelakaan mobil Damker tersebut.

Anggota Damkar Doni Syahputera, menurut keterangan keluarga, setelah kecelakaan mobilnya terbalik di Jalan Raya Pahlawan Seribu,  Puspitek, sempat pulang ke rumah.

Tapi, setelah satu jam dirumah katanya pusing dan mual-mual,  sehingga dibaw ke RS Omni Alam Sutera.  Setelah diperiksa dengan teliti ternyata ada benturan di bagian  kepala,   yang kemudian harus mendapatkan perawatan intensif akibat luka tersebut.

airin5

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany saat membesuk anggota Damkar yang dirawat di RS Omni Alam Sutera Serpong.  (anton) 

Kedatangan Airin Rachmi Diany didampingi Kepala Damkar setempat Uci Sanusi untuk memberikan dukngan moril dan semanggat kepada anggota Damkar yang luka dan keluarga. Mobil dinas Damkar terbalik di Jalan Raya Pahlawan Seribu, Puspitek, Serpong usai melaksanakan tugas memadamkan kebakaran di dua rumah warga perumahan Puspitek,  Kecamatan Setu.

Mengenai mobil dinas Damkar yang rusak,  Airin mengatakan,  pihaknya sudh meminta Kepala Damkar setempat untuk mengecek dan memastikan kendaraab diasuransi atau tidak. Terus berapa besarnya biaya perbaikan termasuj jika harus membeli mobil Damkar baru.

“Jika biaya perbaikan ternyata lebih mahal dibandingkan membeli mobil Damkar yang baru tentunya lebih baik membeli mobil baru tapi harus dianggarkan terlebih dulu di APBD perubahan tahun 2019,” katanya.

Jika setelah dihitung ternyata biaya perbaikan mobil Dankar no.  Pol B. 9005 NHA Yang terguling biaya perbaikan tidak jauh bedanga dengan membeli mobil baru tentunya lebih baik membeli mobil yang baru. Namun,  imbuh dia, pengadaan mobil Damkar yang baru perlu diajukan melalui usulan agar dianggarkan dalam APBD perubahan.

“Saya paham betul mereka bekerja tergesa-gesa dan ini adalah musibah. Kita boleh menolong orang, tetapi keamanan diri kita sendiri perlu diperhatikan,” katanya.

Sementara itu,  Kepala Damkar dan Penyelamatan Tangsel, Uci Sanusi mengatakan, akan melihat kerusakakannya seperti apa. Pihaknya,  akan melihat kerusakannya seperti apa. Kalau memang tercover sekarang, ya sekarang. Saya belum bisa taksir nilai kerusakannya berapa. “Untuk satu unit mobil pemadam. Kebakaran diperkirakan harganya mencapai sekotar Rp1 Miliar,” tuturnya.

Dia menambahkan akibat kecelakaan itu Doni Syahputera yang sudah bertugas lima tahun harus mendapatkab perawatan di RS Omni Alam Sutera diduga terkeba benturan dibagian kepala sedangkan tiga rekan anggota Damkar lainnya hanya mengalami luka ringan saja.  (anton/win)