Monday, 18 November 2019

Barcelona Mencari Pengganti Lionel Messi

Jumat, 8 Februari 2019 — 5:49 WIB
Lionel Messi (reuters)

Lionel Messi (reuters)

SPANYOL- Peran Lionel Messi belum tergantikan di Barcelona. Ini terbukti ketika pemain berusia 31 tahun tidak main, Blaugrana selalu kesulitan menghadapi lawan-lawannya.

Terakhir ketika Real Madrid mampu menahan imbang 1-1 Barcelona di Camp Nou pada laga leg pertama Copa del Rey. Messi hanya bermain pada babak kedua setela dia menghuni bangku cadangan.

Ernesto Valverde memang harus mengistirahatkan mega bintang asal Argentina itu meski laga tersebut sangat penting. Ini dilakukan karena Messi dalam keadaan tidak bugas dan mengalami masalah di pahanya.

Umur yang membuat Messi tidak lagi bisa selalu bugar membela Barcelona. Apalagi selama ini durasi bermain La Pulga julukannya sangat lama sehingga menguras tenaga.

Oleh karena itu sadar akan seleksi alam, Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, mengatakan pihaknya tengah bersiap tanpa Messi pada masa depan.

Mess yang lulusan Akademi Barcelona La Masia, mulai bermain untuk Barca sejak musim 2003-2004. Dan Messi mampu menjadi mega bintang menggantikan pemain-pemain top lain yang pernah bermain untuk Barca seperti Ronaldinho.

Bahkan hingga kini, pemain asal Argentina itu menjadi sosok paling diandalkan di lini serang.
Hingga saat ini, La Pulga telah mencetak 581 gol dan 233 assist dari 664 pertandingan di seluruh ajang kompetisi. Dia pun turut membantu El Barca meraih 32 titel juara, termasuk sembilan gelar La Liga dan empat trofi Liga Champions.

Namun, Blaugrana tidak bisa selamanya mengandalkan tenaga Messi. Pasalnya, Lionel Messi telah menginjak usia 31 tahun dan bakal segera memasuki masa-masa pensiun.

Dengan durasi kontrak yang menyisakan dua setengah musim lagi, bukan mustahil jika pemain bernomor punggung 10 itu akan gantung sepatu pada usia 33 tahun.

“Saya tahu suatu hari Lionel Messi akan mengatakan pensiun. Kami harus menyiapkan klub untuk masa depan. Kami membawa pemain muda hebat ke tim ini, karena kami harus melanjutkan era kesuksesan ini. Hal itu adalah tanggung jawab kami,” ujar Bartomeu.

“Mandat saya akan selesai dalam dua musim. Jadi saya harus meninggalkan klub dalam posisi yang bagus dan memberi tahu presiden baru ‘itu adalah warisan kami’,” paparnya.

Sampai saat ini, Barcelona masih belum memiliki calon suksesor Lionel Messi. Philippe Coutinho dan Ousmane Dembele yang direkrut Barca dengan banderol triliunan rupiah, masih belum mampu mengimbangi performa La Pulga.

Harusnya Barcelona tidak alergi mencari lagi bakat-bakat dari La Masia yang sebetulnya tidak kalah daripada pemain yang dibeli dari klub lain. Pasalnya banyak jebolan La Masia kini justru cemerlang di klub lain. (b)