Tuesday, 22 October 2019

Dua Bulan, 800 Siswa Telah Merekam E-KTP

Kamis, 14 Februari 2019 — 16:54 WIB
Sejumlah siswa ikuti perekaman e-KTP di sekolah.(wandi)

Sejumlah siswa ikuti perekaman e-KTP di sekolah.(wandi)

JAKARTA –  Dalam kurun waktu dua bulan, sejak 21 Desember 2018 hingga hari ini, 14 Februari 2019, Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Sudin Dukcapil) Jakarta Selatan, telah melakukan perekaman e-KTP terhadap 800 pelajar.

Jumlah tersebut tersebar di 24 sekolah dan dari jumlah tersebut sebanyak 161 siswa sudah mengantongi fisik E-KTP.

Kasudin Dukcapil,  Jakarta Selatan Abdul Haris mengakui sejak Desember hingga Februari 2019 sebanyak 800 pelajar merekam e-KTP. Menurutnya ini setelah pihaknya intensif melakukan jemput bola demi mensukseskan berlangsungnya Pemilu pada 17 April 2019 mendatang.

“Dari perekaman 800 e-KTP tersebut, 161 di antaranya sudah dicetak dan didistribusikan. Kami distribusikan ke sekolah masing-masing. Jadi siswa itu tidak perlu ambil ke kelurahan, kami kasih ke sekolah masing-masing,” ujar Abdul Haris, Kamis (41/2).

Menurutnya, pencetakan e-KTP akan terus berlanjut, karena pihak Sudin Dukcapil Jaksel mencetak e-KTP tepat ketika pelajar tersebut memasuki usia 17 tahun. Untuk itu dirinya minta kepada para pelajar yang belum sempat merekam e-KTP di sekolah, agar bisa langsung datang ke kelurahan untuk perekaman.

“Takutnya ada pelajar yang berhalangan, seperti ada yang lagi PKL (Praktek Kerja Lapangan). Pelajar akan diprioritaskan bila ingin melakukan perekaman e-KTP di kelurahan, prosesnya juga cepat dan gratis,” turutnya.

Sementara itu Andi salah seorang siswi mengaku sangat senang dengan adanya layanan jemput bola ke sekolahan. Sebab dengan memiliki KTP Elektronik ini nanti bisa memberikan hak suaranya  pada pemilihan umum April mendatang.

“Jadi dengan KTP ini pada pemilihan umum nanti saya bisa menyalurkan hak pilih saya. Selain itu dengan E-KTP ini saya tidak repot-repot lagi mengurusnya di kantor Kelurahan,” terang  murid kelas XII SMA 82 ini.  (wandi/tri)