Friday, 18 October 2019

KPK Serahkan Aset Tiga Koruptor ke Kejagung dan BNN

Rabu, 20 Februari 2019 — 14:18 WIB
Penyerahan aset tiga koruptor dari KPK ke Jaksaan Agung dan BNN dihadiri Ketua KPK Agus Rahardjo, Jaksa Agung Muhammad Prasetyo, dan Kepala BNN Heru Winarko. (cw6)

Penyerahan aset tiga koruptor dari KPK ke Jaksaan Agung dan BNN dihadiri Ketua KPK Agus Rahardjo, Jaksa Agung Muhammad Prasetyo, dan Kepala BNN Heru Winarko. (cw6)

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyerahkan aset sitaan milik para koruputor sebesar Rp110 miliar kepada Kejaksaan Agung dan Badan Narkotika Nasional (BNN). Penyerahan aset ini dihadiri Ketua KPK Agus Rahardjo, Jaksa Agung Muhammad Prasetyo, dan Kepala BNN Heru Winarko.

Menurut Agus, KPK menyerahkan aset kepada kejaksaan agung sebesar Rp16 miliar dan kepada BNN sebesar Rp94 miliar. Aset yang diserahkan berasal dari tiga koruptor, yakni Fuad Amin, Nazarudin, dan Sutan Batugara. Kasusnya pun sudah inkrah.

“Paling tidak kita serahkan 3 hasil rampasan kasus-kasus korupsi yang ditangani KPK, yang sudah inkrah, yang sudah berkekuatan hukum tetap,” ucapnya di Auditorium KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (20/2/2019).

Di lokasi yang sama, Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, menjelaskan perihal ketiga aset tersebut. Aset yang pertama merupakan tanah seluas 9.944 meter di Pancoran, Jakarta Selatan. ASet tersebut diserahkan ke BNN dari perkara terpidana M. Nazarudin.

Febri melanjutkan, aset berupa tanah dan bangunan di Kota Medan, Sumatera Utara, seluas 1.194 meter diserahkan kepada Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara. Aset ini merupakan sitaan dari terpidana Sutan Batugana.

Adapun aset lainnya yaitu tanah dan bangunan di Denpasar, Bali, dengan luas ganah 829 meter dan luas bangunan sebesar 593 meter. Tanah dan bangunan ini diserahkan kepada Kejaksaan Tinggi Bali dengan perkara Fuad Amin.

“Jadi terpidana Fuad Amin dan Nazarudin, sebelumnya mereka dikenakan tindak pidana korupsi dan tindak pidana pencucian uang. Sehingga sejumlah aset hasil kejahatan tersebut bisa dirampas untuk negara,” tandasnya. (cw6/yp)