Monday, 09 December 2019

Persija Jakarta Krisis Strategi

Selasa, 26 Februari 2019 — 20:02 WIB
riko simanjuntak

JAKARTA – Persija ‘Macan Kemayoran’ Jakarta tidak punya banyak pilihan dalam menerapkan strategi permainan. Hal inilah yang diungkapkan pelatih Ivan Kolev usai tim asuhannya ditahan Becamex Binh Duong tanpa gol pada laga perdana fase penyisihan Grup G Piala AFC di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (26/2/2019).

Tidak adanya Marko Simic membuat usaha Macan Kemayoran kesulitan menjebol gawang Binh Duong selama 90 menit pertandingan. Tidak heran jika Kolev mengaku kurang puas dengan hasil di laga ini. “Saya sebenarnya kurang luas dengan hasil ini. Sebenarnya pemain sudah tampil bagus pada pertandingan ini. Tapi pada 20 menit terakhir, kita kurang fokus. Mungkin karena sudah kelelahan,” kata Kolev kepada para awak media, usai laga.

Lebih lanjut Kolev juga mengakui jika dirinya kesulitan mengembangkan permaiman, terutama di lini depan. Selain karena faktor kelelahan akibat padatnya jadwal kompetisi, krisis pemain yang melanda Persija di ajang Asia, membuat Kolev hanya memiliki sedikit opsi untuk melakukan perubahan. “Ada beberapa pemain kita, termasuk Escobar terlihat sekali sudah sangat kelelahan di 20-25 menit terakhir,” aku Kolev.

buan dhong

“Selama pramusim ini, rata-rata kita harus hanya punya waktu empat hari dalam mempersiapkan satu pertandingan ke pertandingan lainnya. Apalagi kita harus sudah mulai mempersiapkan diri untuk Piala Presiden. Pemain bukanlah mesin. Jadi saya pikir wajar saja kalau mereka mengalami kelelahan pada pertandingan kali ini. Tapi pada pertandingan selanjutnya saya akan mensiasati ini,” jelasnya.

Pada pertandingan selanjutnya, Persija akan menghadapi Shan United di Myanmar pada 12 Maret mendatang. Oleh karena itu, Kolev bakal berbicara dengan pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy terkait tiga pemain Persija yang dipanggil untuk menjalani Training Camp (TC) di Australia pada 6-17 Maret mendatang, Rabu (27/2) ini. Ketiga pemain tersebut adalah Riko Simanjuntak, Novri Setiawan, dan Andritany Ardhiyasa.

Namun sebelum bentrok dengan Shan United, Persija akan menghadapi Borneo FC dan Madura United di ajang Piala Presiden pada 5 dan 10 Maret mendatang. Dengan hasil imbang tanpa gol melawan Binh Duong, Macan Kemayoran pun harus puas berbagi satu angka dengan wakil Vietnam tersebut. “Ini hasil yang bagus buat kami, meskipun kedua tim sama-sama bermain bagus,” tutup pelatih Binh Doung, Tran Minh Chien. (junius/b)