Friday, 06 December 2019

Ternyata Emak-Emak Pengedar Uang Palsu Ini Sudah Diincar Pedagang di Pasar Serpong

Kamis, 28 Februari 2019 — 0:59 WIB
uang palsu (Upal)

uang palsu (Upal)

JAKARTA – Dua ibu rumah tangga yang disangka mengedarkan atau berbelanja menggunakan uang palsu ternyata sudah sering belanja di Pasar Serpong sehingga telah diintai seluruh pedagang di pasar tersebut.

Tersangka Elly Fabianto, 41, dan Reni Wahyuni, 37, warga Tangerang sudah beberapa hari belakangan memang diintai pedagang di Pasar Serpong karena ada sekitar 10 pedagang menerima upal dari kedua pelaku, kata Kasat Reskrim Polres Tangsel AKP Alexamder Yurikho didampingi Kapolsek Serpong Kompol S Luckyto Andri Wicaksono, Rabu (27/2).

Menurut kedua tersangka kepada polisi, upal itu diperoleh dengan cara membeli seharga Rp 800 ribu dari oknum yang telah diamankan Polda Metro Jaya beberapa waktu lalu. Upal seharga Rp 800 ribu mendapatkan 50 lembar pecahan Rp 50 ribu yabg ditotal senilai Rp 2,5 juta.

Dari jumlah 50 lembar sekitar 30 lembar sudah dibelanjakan untuk membeli kebutuhan sehari hari dan belanja bahan baku untuk berjualan mie ayam. Sisa 20 lbar upal senilai Rp 1 juta dua ratus berhasil diamankan petugas.

Sementara itu, Mahmud, petugas keamanan Pasar Serpong, mengakui aksi dua pelaku pengendar upal memang sudah diintai puluhan pedagang di pasar yang telah terkena tipu saat belanja menggunakan upal. “Ke duanya sudahbdihapal oleh pedagang dan saat tadi belanja mereka langsung diringkus, ” tuturnya.

Terlebih salah satu pelaku setiap belanja di Pasar Serpong selalu membawa atau mengendong seekor monyet. Aksinya jika satu tertangkap atau ketahuan menggunakan upal oleh pedagang berpura pura sibuk belanja dan tidak saling kenal, katanya. (anton/b)

teks foto: