Friday, 15 November 2019

Dua Nama Sudah Diterima, DPRD DKI Belum Bisa Segera Memilih Wakil Gubernur

Senin, 4 Maret 2019 — 18:26 WIB
Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu

Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu

JAKARTA – DPRD DKI Jakarta sepertinya belum bisa segera menggelar sidang paripurna memilih wakil gubernur pengganti Sandiago Uno yang mundur karena menjado calon presiden mendampingi Prabowo.

Padahal dua nama calon yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu sudah dikirim Gubernur Anies Baswedan ke pimpinan dewan.

Pemilihan cawagub kemungkinan digelar usai pileg/pilpres karena seluruh anggota dewan saat ini tengah kampanye.

“Saya sudah menerima surat dari Pak Gubernur berisi dua nama cawagub,”kata Prasetio Edi Marsudi, Ketua DPRD DKI Jakarta, Senin (4/3/2019).

Menurut Prasetio, dirinya segera menggelar rapat bersama pimpinan DPRD lainnya termasuk ketua fraksi dan ketua komisi. “Rapat badan musyawarah, “jelasnya.

Meski akan melakukan rapat badan musyawarah, tapi Prasetio belum bisa menetapkan tanggal pasti rapat dan tanggal pemilihan. “Ini tahun politik semua teman teman turun ke bawah, jadi saat ini agak sulit mengumpulkan mereka, ” jelasnya.

Namun, Prasetio memastikan pihaknya akan melakukan proses pemilihan secara tertutup.”Ini menyangkut nama orang jadi tidak terbuka, masing masing anggota punya hak pilih, tidak ada tekanan harus memilih salah calon, “katanya.

Sugianto, Ketua Koalisi Rakyat Pemerhati Jakarta, mengatakan proses pemilihan cawagub tersebut harus dipantau Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). “Agar tidak terjadi praktek suap antar calib, “katanya.

Menurut Sugianto, KPK tidak boleh lengah. “Kita menginginkan proses pemilihan ini berlangsung jujur agar terpilih cawagub yang bemar benar ingin membangun Jakarta, “jelasnya.
Seperti diketahui, Anies Baswedan sudah mengirim dua nama cawagub ke DPRD melalui staf. “Sudah disampaikan ke dewan, “katanya.

Dua nama tersebut adalah Agung Yulianto yang kini menjabat Sekjen DPW PKS DKI Jakarta dan Ahmad Syaikhu mantan Wakil Bupati Bekasi. (john/b)

Terbaru

MRT melintas di tengah ibukota Jakarta. (toga)
Jumat, 15/11/2019 — 9:09 WIB
Apartemen Disiapkan di 5 Kawasan Stasiun Transit
ilustrasi
Jumat, 15/11/2019 — 9:09 WIB
Diintimidasi Jaksa? Laporkan!
Dimas Anggara dan Nadine Chandrawinata. (instagram)
Jumat, 15/11/2019 — 8:57 WIB
Dimas Suka Pedas, Nadine Tanah Pohon Cabei