Monday, 16 December 2019

Menguasai Laga, Portugal Hanya Bermain Imbang 1-1 dengan Serbia

Selasa, 26 Maret 2019 — 6:44 WIB
Cristiano Ronaldo cidera saat membela  Portugal melawan Serbia (reuters)

Cristiano Ronaldo cidera saat membela Portugal melawan Serbia (reuters)

PORTUGAL- Menguasai laga hingga 70 persen namun Portugal hanya mampu bermain imbang 1-1 saat menjamu Serbia pada kualifikasi Grup B Piala Eropa di da Luz, Selasa (26/3/2019) dinihari WIB.

Bahkan Portugal sempat tertinggal lewat gol Dusan Tadic pada menit ketujuh sebelum akhirnya disamakan oleh Danilo Pereira menit ke-42.

Berkat hasil ini Portugal baru mengemas dua poin dari dua laga sehingga berada di peringkat ketiga klasemen sementara Grup B. Di puncak klasemen Ukraina mengemas empat poin dan di posisi kedua Luksemburg dengan nilai tiga.

Serbia yang baru tampil sekali berada di peringkat keempat dengan nilai satu dan di posisi terakhir Lithuaina tanpa nilai.

Hasil minim ini sepertinya tidak lepas dari cideranya mega bintang Portugal Cristiano Ronaldo dan harus ditarik keluar setelah setengah jam pertandingan berjalan.

Sebagai tuan rumah Portugal sejak awal langsung menekan pertahanan Serbia. Pada menit kelima nyaris unggul melalui William Carvalho, namun gelandang Real Betis itu gagal memaksimalkan peluang setelah menerima umpan menyilang Joao Cancelo di depan gawang.

Jusrtru Serbia yang unggul duluan lewat penalti Dusan Tadic. Portugal dihukum karena Patricio menjatuhkan Gacinovic di kotak terlarang usai menerima umpan dari Tadic.

Wasit Marciniak pun tak ragu menunjuk titik putih kepada tim tamu. Tadic yang jadi algojo dengan tenang mengirim Patricio ke arah yang salah untuk membawa Serbia memimpin 1-0.

Portugal kian menderita ketika Ronaldo harus ditarik keluar karena cedera saat berupaya mengejar umpan Bernardo Silva. Seperinya pemain Juventus salah ketika jatuh dan tampak kesakitan sehingga dia tidak bisa melanjutkan laga.

Portugal akhirnya mampu menyamakan kedudukan di menit ke-42. Sepakan Danilo Pereira dari luar kotak penalti berakhir di pojok kanan atas gawang usai mendapat umpan Raphael Guerreiro. Babak pertama tuntas 1-1.
Babak kedua, Portugal terus menekan tim tamu. Meski demikian Serbia mampu meladeni Portugal sehingga terjadi jual beli serangan . Hanya saja buruknya penyelesaian akhir membuat tidak ada gol hingga laga berakhir.

Padahal Portugal membukukan penguasaan bola sebesar 70%, melepaskan 28 tembakan dengan enam mengarah ke gawang. Sementara Serbia punya 10 percobaan, hanya tiga yang on target.

Tentu perjuangan Portugal untuk lolos ke babak berikutnya akan semakin berat. Mereka berharap Ronaldo cepat pulih sehingga tidak mengganggu performa Portugal sang juara bertahan. (b)