Sunday, 17 November 2019

Ada JAK Potret, Warga Dapat Menilai Kinerja Lurah, Camat, Walikota

Kamis, 28 Maret 2019 — 22:52 WIB
Kepala Bagian Tata Pemerintahan Jakut Manson Sinaga,. (deny)

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Jakut Manson Sinaga,. (deny)

JAKARTA – Sejumlah komponen warga dilibatkan untuk mengawasi kinerja lurah, camat dan walikota di Jakarta melalui aplikasi JAK Potret. Mereka yang terlibat dan dijadikan responden ini, dapat langsung memberikan penilaian.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Jakarta Utara, Manson Sinaga menyatakan, aplikasi yang akan dilaunching pada 7 April 2019 ini, sebagai kontrol kinerja aparatur pemerintahan.

“Survai Kepuasan Masyarakat (SKM) dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi berbasis Android. Dalam aplikasi tersebut, responden akan memberikan penilaian kinerja lurah, camat dan walikota,” ungkapnya, Kamis (27/3).

Pada aplikasi tersebut, sambung Manson, ada 9 variabel nilai kinerja lurah, camat dan walikota yang telah disiapkan Jakarta Smart City. Kemudian, ada 1 pertanyaan terbuka berupa harapan dari responden terhadap yang dinilai tersebut.

“Meski begitu, mereka yang menilai ini atau responden harus sesuai dengan tempat tugas mitra responden,” ujarnya. Adapun para responden ini sendiri, untuk tingkat kelurahan seperti RT/RW, LMK, FKDM, Karang Taruna Pokja Kota Sehat, Bimas dan Bhabinkamtibmas.

Kemudian responden untuk di tingkat kecamatan seperti Forum Komunikasi Kota Sehat, FK Lanjut Usia, Formapel, Lurah, Muspika, FKDM, Karang Taruna, MUI, DMI, Posyantek dan PKK.

“Selanjutnya, responden tingkat kota diantaranya KADIN, HIPMI, Formapel, Forum Anak, FK Lanjut Usia, Camat, Forkopimda, Dewan Kota, FKDM, FKUB, Karang Taruna, MUI, DMI dan PKK,” jelas mantan Camat Kelapa Gading ini. (deny/win)