Wednesday, 20 November 2019

Amankan Debat Capres Keempat, Polda Metro Turunkan Lima Ribu Personil

Kamis, 28 Maret 2019 — 18:46 WIB
Joko Widodo bersalaman dengan Prabowo Subianto disaksikan cawapres Ma'ruf Amin dan cawapres Sandiaga Uno (toga)

Joko Widodo bersalaman dengan Prabowo Subianto disaksikan cawapres Ma'ruf Amin dan cawapres Sandiaga Uno (toga)

JAKARTA – Polda Metro Jaya akan mengerahkan lima ribu personil gabungan untuk mengamankan jalannya debat keempat capres, pada Sabtu (30/3/2019). Pengamanan akan dilakukan dalam 4 ring. Pengamanan ring I akan dilakukan Paspampres di Hotel Shangri-La, Jakarta.

“Dari rapat koordinasi dengan KPU, TNI, Kodam dan Polda Metro Jaya. Kami menggunakan personel sejumlah lima ribu personel gabungan TNI-Polri, ” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono, Kamis (28/3).

Dikatakan, di ring I pintu masuk di tempat debat akan di sterilisasi oleh Paspampres. “Jadi ada pintu ring satu itu di tempat debat itu nanti dijaga Paspampres. Tentunya masuk ke ring satu melalui pintu sterilisasi. Di dalam debat juga ada pasangan pendukung capres masing-masing, ada juga undangan VIP yang dikeluarkan oleh KPU,” ucapnya.

Sementara di ring 2 dan ring 3 yaitu bagian dalam hotel dan halaman hotel akan dijaga personel TNI/ Polri. “Di ring empat itu adalah jalan meuju ke tempat lokasi, misalnya di Simpang Tugu Bawah ada juga di Jalan Mas Mansyur ada simpang juga. Semuanya kita atur jangan sampai ada kemacetan yang panjang,” tukas Kombes Argo.

Sedangkan, rekayasa lalu lintas bersifat situasional yang skemanya disiapkan Ditlantas Polda Metro Jaya. Debat capres tersebut akan mengusung tema “Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan, serta Hubungan Internasional”. (ilham/b)