Thursday, 17 October 2019

Piala Presiden, Persija Tidak Remehkan Kalteng Putra

Kamis, 28 Maret 2019 — 5:36 WIB
Pelatih Persija, Ivan Kolev berjabat tangan dengan pelatih Kalteng, Gomes de Oliviera jelang pertandingan.

Pelatih Persija, Ivan Kolev berjabat tangan dengan pelatih Kalteng, Gomes de Oliviera jelang pertandingan.

JAKARTA – Persija Jakarta ogah melepas label ‘juara bertahan’ di ajang Piala Presdien 2019, meski diadapkan pada ketatnya jadwal kompetisi jika lolos ke fase semifinal. Hal itu diungkapkan pelatih Ivan Kolev jelang menjamu Kalteng Putra pada babak perempatfinal di Stadion Patriot Chandrabhaga, Kamis (28/3), 15:30 WIB.

Adalah gengsi jika Kolev gagal menjaga label juara bertahan Macan Kemayoran sejak dipercaya menjadi suksesor Stefano ‘Teco’ Cugurra, akhir musim lalu.

Maklum, selain gelar Liga 1, Piala Presiden juga merupakan trofi warisan Teco bersama Macan Kemayoran, musim lalu.

Dengan kualitas yang ia tunjukkan selama pramusim ini, Kolev tentu ingin membuktikan bahwa ia layak menjadi suksesor Teco untuk mengarungi musim kompetisi 2019 mendatang.

Di bawah asuhannya, Persija mampu menjaga peluang meraih gelar di berbagai kompetisi (fase grup Piala AFC dan Piala Presiden 2019), sepanjang pramusim ini, termasuk Piala Indonesia 2018. Namun semua itu tidak akan berarti jika ia gagal menyingkirkan Kalteng di babak perempatfinal Piala Presiden 2019. Kolev bahkan siap menanggung segala resiko, jika lolos ke babak semifinal. “Kami akan jalani semua jadwal pertandingan, setiap tahap,” tandas Kolev, jelang pertandingan.

Seperti diketahui, jika Persija lolos ke semifinal Piala Presdien 2019, Kolev kemungkinan bakal membagi tim asuhannya menjadi dua kelompok pada leg pertama, mengingat mereka juga harus mebyambangi klub asal Filipina, Ceres di fase Grup G Piala AFC 2019.

Leg pertama babak semifinal Piala Presiden 2019 digelar pada 2/3 April 2019. Sementara Persija harus sudah berada di Filipina pada 1 April 2019 untuk menghadapi Ceres, dua hari berselang.

Namun Kolev ogah memikirkan hal itu. Ia bahkan enggan melepas label juara bertahan Persija di Piala Presiden 2019,. “Kami akan tetap berusaha meraih kemenangan di setiap pertandingan. Kami akan kerja keras. Andai bisa menang, peluang kita untuk menjadi juara tentu sangat besar. Tapi kalau tidak bisa menang, kita tidak bisa juara. Soal jadwal, kita tidak bisa berbuat apa-apa. Yang pasti kami akan kerja keras untuk menang (melawan Kalteng red),” tegas Kolev.

Namun pelatih asal Bulgaria itu juga tidak ingin meremehkan Kalteng. Meski berstatus sebagai tim promosi di Liga 1 musim 2019 mendatang, tim asuhan Gomes de Oliviera itu punya kemampuan untuk mengalahkan tim sekelas Persija. Hal itu mereka buktikan saat mengalahkan tim-tim selevel dengan Persija, yakni PSM Makassar (1-0) dan Persipura Jayapura (3-1) di fase grup. Apalagi ini menjadi pertemuan pertama sepanjang sejarah kedua tim. (junius/b)