Monday, 21 October 2019

Pembangunan Berkesinambungan

Senin, 1 April 2019 — 6:56 WIB

Oleh H. Harmoko

PESTA demokrasi yang akan diselenggarakan tak lama lagi akan menetapkan presiden dan wakil presiden baru atau presiden lama yang terpilih kembali – dengan pasangan barunya.
Siapa pun yang akan berkuasa istana negara nanti kita berharap adanya pembangunan yang berkesinambungan dengan mutunya juga meninggi , bukan berjalan tapi di tempat alias “sami mawon.”

Semua kita tahu dan mau apa yang dimaksud dengan pembangunan yang berkesinambungan – berkelanjutan adalah pembangunan yang melanjutkan  program dan pencapaian yang terbaik untuk rakyat.Tak sebatas melanjutkan, tapi yang terpenting meningkatkan kualitas pembangunan dalam rangka mewujudkan kemakmuran bersama, memajukan kesejahteraan umum sebagaimana cita- cita negeri ini.

Pembangunan yang mengarah pada kesejahteraan untuk semua, kesehatan untuk semua dan pendidikan untuk semua – infrastrukur untuk semua . Juga keamanan untuk semua. Tanpa kecuali – sesuai kebutuhannya masing masing.
Juga penegakan hukum untuk semua – tanpa pandang bulu – demi kadilan bagi seluruh rakyat.

Pembangunan yang berkesinambungan adalah pembangunan mewariskan kebaikan kepada anak cucu untuk masa depan yang lebih baik dalam menyongsong tantangan yang lebih kompleks – dalam tatanan dunia baru nantinya.

Pembangunan berkesinambungan  yang tidak merusak lingkungan. Sebaliknya –  pembangunan itu memulihkan lingkungan alam yang rusak – melahirkan banyak inovasi;  tak semata- mata menjadikan rakyat kita sebagai pasar dan konsumen melainkan juga produsen, penggagas dan pembuat karya kreatif dan penuh terobosan.
Untuk itu,  harus dan terus disiapkan insfrastuktur yang mendorong ke arah kelahirannya – pembangunan yang bersinambungan itu – dengan pendidikan yang merata dan bermutu serta kualitas kesehatan bagi semua. Juga pemerataan pendapatan, pemerataan kesempatan dan lapangan kerja, pemerataan kesejahteraan, serta pemerataan produktivitas.

Pembangunan berkesinambungan adalah pembangunan yang merawat warisan kebudayaan dengan keseniannya yang indah, kreatif terus menerus,  dan  menegaskan keindonesiaan yang Bhinneka Tunggal Ika dan warna warni.
Satu hal yang tak boleh dilupakan, pembangunan berkesinambungan dapat berjalan dengan baik sesuai harapan, jika ditopang oleh stabilitas di bidang pertahanan dan keamanan, juga stabilitas poltik.
Itu pula yang tak boleh diabaikan pemerintahan mendatang, siapa pun presiden terpilih hasil pemilu 17 April nanti. (*)