Tuesday, 19 November 2019

Tekan Pelanggaran Tibum, Satpol PP Jakut Bentuk TIM URC

Kamis, 4 April 2019 — 20:07 WIB
TIM URC Satpol PP Jakarta Utara, dibentuk untuk menekan pelanggaran ketertiban umum sedini mungkin. (deny)

TIM URC Satpol PP Jakarta Utara, dibentuk untuk menekan pelanggaran ketertiban umum sedini mungkin. (deny)

JAKARTA – Satpol PP Jakarta Utara, terus melakukan berbagai upaya untuk menekan pelanggaran ketertiban umum (Tibum). Satu di antaranya, dengan membentuk pasukan khusus berupa TIM URC (Unit Reaksi Cepat).

“Tim ini dibentuk secara khusus untuk mengantisipasi adanya pelanggaran Tibum sedini mungkin, sekaligus juga sebagai arahan Kasatpol PP DKI beberapa waktu lalu,” ucap Kasie Penyidikan PPNS dan Penindakan Satpol PP Jakarta Utara, Budi Salamun.

Dikatakannya, menggunakan kendaraan roda dua, tim pun saban harinya menelusuri wilayah rawan tibum di Jakarta Utara. “Kemudian bila ada didapati pelanggaran, tim langsung melakukan penghalau secara humanis,” jelasnya.

Namun bilamana penghalauan dirasa tidak optimal, sambung Budi, tim pun dapat menginformasikan lokasi dan situasi ke personil lain. “Untuk waktu tertentu, unit elite ini pun dapat ditugaskan pada kedinasan lain seperti membantu kemacetan lalin,” jelasnya.

Budi menambahkan, TIM URC sendiri memiliki 36 personil dengan rincian 4 personil masing-masingnya ada di setiap kecamatan dan 6 di tingkat kota. “Selanjutnya enam personil lainnya untuk cadangan,” paparnya.

Sementara itu, meski baru akan dikukuhkan setelah Pemilu, TIM URC Satpol PP Jakarta Utara sudah mulai dioperasikan. Hal ini, mengingat tingginya kebutuhan masyarakat terhadap kenyamanan dan ketertiban umum di Jakarta Utara. (deny/win)