Saturday, 19 October 2019

KPU Mulai Rekapitulasi Hasil Pemungutan Suara di Tingkat Kecamatan

Kamis, 18 April 2019 — 20:46 WIB
Komisioner KPU, Pramono Ubaid. (ikbal)

Komisioner KPU, Pramono Ubaid. (ikbal)

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memulai proses rekapitulasi hasil pemungutan suara Pemilu 2019 di tingkat kecamatan hari ini, Kamis (18/4/2019). Rekapitulasi tingkat kecamatan dibatasi waktu hingga 17 hari kedepan.

“Teman-teman PPK di seluruh kecamatan di Indonesia sudah boleh mulai rekapitulasi di tingkat kecamatan, yang batas waktu paling lama yaitu selama 17 hari,” ujar Komisioner KPU, Pramono Ubaid, di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (18/4/2019).

KPU memberi keleluasaan hingga 17 hari hari karena pertimbangan jumlah temlat pemungutan suara (TPS) dalam satu kecamatan. Pramono menyebut umumnya per kecamatan terdapat 100 hingga 200 TPS. Namun di beberapa kecamatan, imbuhnya, terdapat kecamatan yang memiliki TPS mencapai seribuan.

“Ternyata di beberapa daerah tertentu seperti di Tangerang Selatan, di Kota Surabaya, di Sidoarjo itu ada yang bahkan sampai 900 atau bahkan lebih dari 1000 TPS per Kecamatan. Karena itu dibutuhkan waktu rekapitulasi yang lebih dari 10 hari, bahkan sampai 17 hari,” jelasnya.

Lebih lanjut dia menegaskan proses rekapitulasi tingkat nasional akan dilakukan pada 25 April hingga 22 Mei 2019 mendatang. Rekapitulasi nasional dilakukan di kantor KPU RI..

“Nanti kemungkinan akan kita lakukan terpisah antara rekapitulasi perolehan suara Pilpres dan pemilu legislatif. jadi nanti akan dilakukan di dua tempat yang terpisah, meskipun sama-sama di kantor KPU. Kami sudah tegaskan bahwa rekapitulasi nasional tidak dilakukan di luar kantor KPU,” tutupnya. (ikbal/b)