Tuesday, 19 November 2019

Tekuk Hotspur 0-1 City Kembali ke Puncak Klasemen

Sabtu, 20 April 2019 — 20:50 WIB
Pemain Manchester City, Phil Foden melakukan selebrasi usai mencetak gol. (reuters)

Pemain Manchester City, Phil Foden melakukan selebrasi usai mencetak gol. (reuters)

INGGRIS– Gol semata wayang Philip Foden membawa Manchester City menang atas Tottenham Hotspur pada laga lanjutan Liga Inggris di Etihad Stadium, Sabtu (20/4/2029) malam WIB.

Meski hanya menang tipis, namun mampu membawa Man City kembali naik ke puncak klasemen sementara menggusur Liverpool. City dari 34 laga mengemas 86 poin berjarak satu angka dari Liverpool di bawahnya.

Sementara bagi Hotspur, kekalahan ini membuat posisi mereka di peringkat ketiga terancam. Arsenal tepat di bawahnya hanya berjarak satu poin padahal The Gunners baru bermain 33 kali.

Tidak hanya Arsenal yang mengancam Hotspur, Chelsea di peringkat kelima juga masih berkesempatan menggusur tim asal London itu.

Sementara itu kemenangan ini juga sebagai pembalasan Manchester City atas kegagalan mereka di Liga Champions.

Seperti diketahui City disingkirkan Spurs dari liga paling bergengsi itu pada babak perempat final. Leg pertama Hotspur menang 1-0 dan leg kedua di Etihad berbalik kalan 4-3 sehingga kedudukan agregat 4-4.

Hanya saja Tonttenham Hotspur yang berhak melaju ke semfinal karena unggul gol tandang.

Tentu kembali menjamu Hotspur, City memiliki misi ganda. Selain agar kembali ke puncak klasemen dan terus menjaga asa juara, juga ingin membalaskan dendam atas kegagalan anak asuh Pep Guardiola itu di Liga Champions.

City langsung unggul ketika laga baru berlangsung lima menit. Menerima umpan sundulan daru Sergi Aguero lalu Foden mendorong bola dengan badannya yang tidak bisa diantisipasi kiper Spurs.

Pada menit ke-12 Spurs nyaris menyamakan kedudukan ketika Eriksen mendapatkan peluang emas, dia tinggal berhadapan dengan kiper usai menerima umpan dari Moura. Namun, ada Ederson yang memblok tembakannya.

Menit ke-25 giliran Man City yang mengancam. Bermula ketika Sterling memberikan umpan panjang dari sisi kiri. Dan di kotak penalti sudah menunggu Aguero. Sayang sundulan pemain asal Argentina itu masih melebar di sisi kanan gawang.

Meski tuan rumah terus menguasai permainan dan ada beberapa peluang namun hingga babak pertama usai kedudukan tetap 1-0.

Memasuki babak kedua tensi permainan kedua tim terus meningkat. Aguero dan Foden yang diduetkan jadi penyerang beberapa kali mendapatkan peluang emas namun akibat penyelesaian akhir yang buruk semuanya jadi sia-sia.

Menit ke-59, menerima umpan silang dari Foden ke kotak penalti bola lalu disundul Gundogan sayang masih melambung tinggi di atas mistar.

Menit ke-70 giliran Sterling yang mendapatkan peluang emas namun sepakannya masih bisa diblok oleh kiper. Tuan rumah masih terus menekan dan menggempur pertahanan tamunya.

Hotspur nyaris membatalkan kemenangan City pada menit ke-87. Sayang serangan yang dibangun lewat Son Heung-min gagal karena pemain asal Korea Selatan itu kalah adu lari melawan Walker saat mencoba menyambut umpan panjang.

Hingga wasit meniup pluit panjang tidak ada lagi gol tercipta kecuali yang dicetak oleh Foden pada menit kelima (b)