Friday, 15 November 2019

Memastikan Rekomendasi Kesalahan Input Data Ditindaklanjuti, Bawaslu Sambangi KPU

Jumat, 26 April 2019 — 18:44 WIB
Ketua Bawaslu Abhan (batik cokelat) dan Ketua KPU  saat memantau ruang server KPU. (Yendhi)

Ketua Bawaslu Abhan (batik cokelat) dan Ketua KPU saat memantau ruang server KPU. (Yendhi)

JAKARTA  –  Didampingi Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan bersama anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin memantau langsung proses rekapitulasi suara Pemilu 2019 di kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019).

Arief terlihat mengajak Abhan dan Afif memasuki sejumlah ruangan tempat menginput data hasil rekapitulasi yang akan ditampilkan dalam sistem hitung (situng) di website resmi KPU. Salah satu yang ditinjau adalah ruang server.

“Bawaslu menjalankan fungsi pengawasan. Hadir langsung ketua KPU dan memastikan proses pelaksanaan kegiatan bisa berjalan baik. Kami cukup transparan membuka diri,” kata Arief.

Di tempat yang sama, Abhan menyampaikan bahwa kedatangan dirinya untuk memastikan apakah rekomendasi Bawaslu agar KPU segera memperbaiki atas beberapa laporan kesalahan input data sudah dijalankan atau belum.

“Beberapa hari lalu kami telah menyampaikan surat kepada KPU terkait beberapa laporan di Bawaslu, kami teruskan kepada KPU yang berkaitan dengan persoalan input di situng. kesalahan inpu, dalam surat itu kami menyampaikan KPU teliti dan harus hati-hati untuk input data di situng itu,” kata Abhan.

Setelah memantau langsung, Abhan memastikan jika rekomendasi dari Bawaslu telah direspon baik oleh KPU dan telah ditindaklanjuti. Selain itu, dalam kesempatan tersebut Bawaslu menyampaikan perkembangan di lapangan khususnya rekap suara tingkat kecamatan.

“Bahwa ada beberapa rekap di kecamatan yang sampai melakukan penghitungan ulang, tidak hanya merujuk pada C1 plano, tapi di beberapa daerah harus sampai menghitung ulang surat suaranya. ini dalam rangka memastikan rekapitulasi itu betul-betul dilakukan sebenarnya. Kalau ada kesalahan kita lakukan penghitungan ulang,” papar Abhan.

Selanjutnya, Abhan berharap apa yang sudah dikoordinasikan di tingkat pusat bisa diteruskan oleh KPU kepada jajarannya hingga tingkat bawah. Selain itu, jika ada rekomendasi dari Bawaslu ataupun laporan peserta pemilu agar segera ditindaklanjuti. (Yendhi/win)