Sunday, 08 December 2019

Atasi Burnley, Manchester City Kembali Gusur Liverpool

Minggu, 28 April 2019 — 22:42 WIB
Sergio Aguero terus jadi mesin gol untuk Manchester City (reuters)

Sergio Aguero terus jadi mesin gol untuk Manchester City (reuters)

JAKARTA – Persaingan di puncak Liga Primer masih super ketat. Hasil pertandingan Minggu (28/4/2019) malam menghantarkan Manchester City nangkring di posisi teratas setelah menang tipis 1-0 atas Burnley. Dengan hasil ini City menggusur Liverpool selisih satu poin.

Dalam pertandingan  pekan ke-36  yang berlangsung di Stadion Turf Moor, itu gol tunggal kemenangan  City dicetak oleh striker andalannya, Sergio Aguero. Mendominasi laga, namun Man City kesulitan mencetak gol.  Kemenangan ini membuat poin City menjadi 92, sementara Liverpool 91.

City susah payah menembus pertahanan Burnley hingga pertengahan babak pertama. Serangan yang dibangun Aguero dkk kerap kandas sebelum masuk ke jantung pertahanan Burnley.

Tuan rumah membuat pertahanan berlapis sehingga  City  kewalahan. Tes-tes tembakan jarak jauh pun jadi opsi yang terpaksa dilakukan Aguero, Leroy Sane, dan Raheem Sterling, namun belum juga membuahkan hasil di babak pertama.

Setelah turun minum,  The Citizens semakin gencar melakukan serangan. Beberapa peluang didapat Bernardo Silva, Sterling, maupun David Silva tetapi tak kunjung berbuah gol.

Akhirnya, gol yang dinanti Man City baru tercipta pada menit ke-63. Umpan terukur Silva mengarah ke Aguero yang langsung melepaskan tembakan ke gawang Burnley.

Sebenarnya bola tendangan Aguero bisa dibuang oleh pemain belakang Burnley saat berada di garis gawang. Namun, wasit Paul Tierney menyatakan bola telah masuk dan disahkan menjadi gol.

Ketinggal 0-1 tidak membuat Burley segera bangkit untuk membalas. Pada kenyataan, dengan keunggulan tersebut, Man City tetap gencar menyerang, pelatih Pep Guardiola malah memasukkan Gabriel Jesus untuk menggantikan Leroy Sane. Pergantian pemain itu membuat Man City lebih berbahaya.

Dengan formasi ini Aguero setidaknya mendapatkan dua peluang lagi setelah gol yang dicetaknya tetapi belum bisa menggetarkan gawang Burnley. Lantas, tuan rumah tidak tinggal diam. Burnley sesekali melakukan upaya serangan balik tetapi tidak bisa mencetak gol penyama kedudukan hingga laga usai.

Ada pun formasi pemain dari kedua tim sebagai berikut:

Burnley: Tom Heaton (c); Matthew Lowton, James Tarkowski, Ben Mee, Charlie Taylor; Jeff Hendrick, Jack Cork, Ashley Westwood, Dwight McNeil; Ashley Barnes, Chris Wood.

Manchester City: Ederson; Kyle Walker, Vincent Kompany (c), Aymeric Laporte, Oleksandr Zinchenko; Bernardo Silva, Ilkay Gundogan, David Silva; Raheem Sterling, Sergio Aguero, Leroy Sane.

(*/win)