Friday, 18 October 2019

Terkait People Power, Eggi Sudjana Dicecar 116 Pertanyaan oleh Polisi

Senin, 29 April 2019 — 10:36 WIB
Eggi Sudjana (baju putih) tak penuhi panggilan pemeriksaan di Polda Metro Jaya. (cw2)

Eggi Sudjana (baju putih) tak penuhi panggilan pemeriksaan di Polda Metro Jaya. (cw2)

JAKARTA – Diperiksa sebagai terlapor dalam kasus dugaan makar dan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), Calon Legislatif (Caleg) dari Partai Amanat Nasional (PAN) Eggi Sudjana dicecar ratusan pertanyaan oleh penyidik.

Diketahui pada 26 April 2019 lalu Eggi diperiksa oleh polisi terkait laporan yang ditujukkan kepada dirinya. Pemeriksaan tersebut pun berlangsung cukup lama, di mana Eggi baru meninggalkan Polda Metro Jaya pada dini hari, padahal pemeriksaan tersebut dilakukan sejak siang.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, pertanyaan yang diberikan kepada Eggi cukup banyak, yakni sekitara 116 pertanyaan.

“Pemeriksaan Eggi Sudjana total 116 pertanyaan,” ujar Argo ditemui di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (29/4/2019).

Namun ia enggan menjelaskan lebih rinci terkait pertanyaan yang diajukan oleh penyidik tersebut. Ia justru menyebutkan kalau pertanyaan tersebut masih kurang. Oleh sebabnya, dalam waktu dekat Eggi akan kembali dipanggil untuk diperiksa lebih lanjut.

“(Pertanyaan) belum berkembang. Dilanjutkan rencana Jumat,” jelasnya.

Sebelumnya diketahui, politikus PDIP yang bernama Dewi Tanjung melaporkan Eggi Sudjana atas dugaan makar dan dugaan melanggar UU ITE Pasal 107 KUHP junto Pasal 87 KUHP atau Pasal 28 ayat (2) junto Pasal 45 ayat (2) UU RI nomor 19 tahun 2016 tentang informasi dan transaksi elektronik.

Dugaan makar tersebut berawal dari pernyataan Eggi terkait people power yang tersebar di grup Whatsapp dan Youtube. Oleh karena itu, Dewi Tanjung pun melaporkan Eggi ke Polda Metro Jaya pada 24 April 2019 lalu.

Laporan itu pun telah teregister dengan nomor LP/2424/IV/2019/PMJ/Dit.Reskrimsus. (cw2/ys)