Monday, 21 October 2019

Untuk Warga Kertangsana

Yonarmed 13 Kostrad Bantu Pembangunan Sarana Air Bersih dan MCK

Jumat, 3 Mei 2019 — 11:58 WIB
Prajurit Kostrad  sedang membangun MCK untuk warga Kertangsana, Sukabumi.(ist)

Prajurit Kostrad sedang membangun MCK untuk warga Kertangsana, Sukabumi.(ist)

 SUKABUMI – Prajurit Kostrad dari Batalyon Armed 13 Kostrad membangun fasilitas umum sementara bagi warga korban bencana pergerakan tanah di Kertangsana, setelah pelaksanaan lokalisir penduduk ketempat tinggal di posko pengungsian sementara.

Komandan Batalyon Armed 13 Kostrad, Mayor Arm Micha Arruan, S.E., M.M langsung memerintahkan Pasi 1 Intel dan beberapa anggota untuk melaksanakan pembangunan sarana air bersih dan fasilitas MCK di lokasi pengungsian sementara tersebut di Desa Kertangsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi.

Desa Kertangsana adalah salah satu kelurahan yang terdampak bencana pergerakan tanah, dimana terdapat 144 warganya ikut mengungsi di lokasi pengungsian sementara.

Banyaknya pengungsi yang tinggal di tenda darurat tersebut, membuat warga rentan akan wabah penyakit yang mengancam kesehatan. Salah satunya dikarenakan belum tersedianya sarana air bersih dan fasilitas MCK yang memadai.

Sebanyak 15 prajurit Yonarmed 13 Kostrad membangun sarana air bersih berupa 2 buah tandon air dan 2 unit MCK yang dibuat dari baja ringan secara sederhana selama 2 hari, dipimpin langsung oleh Lettu Arm Dedi. F. Ginting selaku Pasi 1 Intel Yonarmed 13 Kostrad, Kamis (2/5/2019).

Pembangunan sarana air bersih dan MCK tersebut dinilai sangat penting, mengingat sarana tersebut merupakan salah satu kebutuhan yang sangat vital bagi pengungsi terutama yang berkaitan dengan masalah kesehatan apalagi dihadapkan dengan musim penghujan seperti saat ini.

Selain itu, minimnya ketersediaan sarana air dan MCK di lokasi pengungsian berakibat para pengungsi saling berebut dalam penggunaannya.

Dalam keterangannya, Danyonarmed 13 Kostrad yang diwakili oleh Pasi 1 Intel mengatakan bahwa upaya pembangunan tersebut merupakan wujud kepedulian dan tanggung jawab Yonarmed 13 Kostrad dalam membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi masyarakat disekitarnya dalam hal ini para pengungsi korban bencana alam akibat pergerakan tanah di Desa Kertangsana. Selain itu, upaya tersebut sebagai wujud nyata Binter Sat Non Kowil yang dilakukan Yonarmed 13 Kostrad dalam rangka membantu Pemda Kabupaten Sukabumi menangani permasalahan bencana alam di wilayah.

Dalam kesempatan terpisah, pembangunan sarana air bersih dan MCK yang dilakukan oleh prajurit Yonarmed 13 Kostrad tersebut mendapat apresiasi positif dari para pengungsi.

“Alhamdulillah, ditempat kami sudah mendapatkan bantuan sarana air bersih dan MCK  yang dibangun oleh anggota Yonarmed 13 Kostrad. Fasilitas tersebut sangat bermanfaat bagi kami di lokasi pengungsian. Kami sudah bisa menggunakan fasilitas tersebut secara layak dan tidak harus berebut lagi,” ucap Bapak Asep salah satu pengungsi.(tri)