Thursday, 14 November 2019

KPU: Hoaks Pemilu Sistematis dan Brutal

Jumat, 10 Mei 2019 — 18:22 WIB
Viryan Azis, komisioner KPU. (ikbal)

Viryan Azis, komisioner KPU. (ikbal)

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI membantah terjadi kecurangan terstruktur, sistematis dan masif (TSM) dalam pelaksanaan Pemilu 2019.
Komisioner KPU, Viryan Azis menantang pihak yang menuding terjadinya kecurangan dengan membeberkan fakta-fakta. Pihak tersebut diminta berani membuka data di dalam pleno terbuka.

“Dalam pemilu kecurangan itu terkait dengan hasil bicara data angka-angka hasil. Data-data angka hasil itu apabila ada dugaan kecurangan hanya mungkin bisa dikonfirmasi dalam rapat pleno terbuka. Kalau ngomongnya di luar pleno, seperti sekarang rapat, kan bisa disampaikan di forum sperti ini. Baru nanti saling sandingkan benar atau tidak,” ujarnya di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (10/5/2019).

Menurutnya kecurangan pemilu yang disampaikan pihak tertentu hanya sebagai dugaan. Menurutnya dugaan tersebut masih perlu pembuktian. “Kan belum tentu tuduhan kecurangan itu benar. Kan baru praduga. Harus dibuktikan,” tandasnya.

Lebih lanjut dia menyebut justru penyebaran informasi bohong alias hoaks terjadi secara sistematis dan brutal. Viryan mencontohkan isu meninggalnya Ketua KPU Bekasi yang menyebar di media sosial, yang ternyata hanya isapan jempol.

“Yang kita lihat, yang condong ada hoaks pemilu secara terstruktur sistematis masif dan brutal. Contoh terakhir, ketua KPU Bekasi viral di media sosial meninggal, ternyata masih hidup. Itu kan brutal. Sangat tidak manusiawi. Orang sedang berduka kaya gini kok tega – teganya bikin seperti itu,” tutup dia. (ikbal/b)

Terbaru

Jumat, 15/11/2019 — 6:20 WIB
Regulasi Skuter Listrik
Pasukan biru Satpel SDA Kecamatan Kembangan menguras saluran tertutup dengan ketebalan lumpur 40 cm di saluran Phb Taman Kota di Kelurahan Kembangan Utara, Jakbar. (Rachmi)
Jumat, 15/11/2019 — 6:06 WIB
Pasukan Biru Kuras 324 Saluran di Kembangan
ayo
Jumat, 15/11/2019 — 5:32 WIB
Biadab, Biadab, Biadaaabbb!
barbuk sabu dan hp - ist
Jumat, 15/11/2019 — 5:05 WIB
Sindikat Narkoba di Lampung Digulung