Saturday, 07 December 2019

Menpora Berharap Indonesia Bawa Pulang Piala Sudirman 2019

Jumat, 10 Mei 2019 — 10:30 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi. (junius)

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi. (junius)

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, berharap tim bulutangkis Indonesia bisa membawa pulang Piala Sudirman 2019.  Hal itu diungkapkan Imam menanggapi performa yang belum maksimal dari pasangan ganda putra nomor satu dunia, Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon.

Dalam sejumlah turnamen terakhir BWF World Tour 2019, penampilan Kevin/Marcus masih jauh di bawah harapan. Mereka tersisih sebelum mencapai laga final pada ajang All England, Malaysia Open, Singapore Open, serta kalah pada final Kejuaraan Asia. Kepada para awak media, Imam pun berharap pasangan berjulukan Minions tersebut bisa menjadikan Piala Sudirman 2019 sebagai ajang kebangkitan mereka.

“Mungkin dengan pengalaman tiga kali kekalahan di turnamen terakhir ini, menyemangati Kevin/Marcus untuk berbenah, jangan terlena dengan juara-juara yang pernah diraihnya di tahun-tahun sebelumnya. Tapi sebaliknya, kekalahan di tiga turnamen terakhirnya, harus bisa menjadi pemacu untuk membawa kembali trofi Piala Sudirman ke pangkuan Ibu Pertiwi,” ungkap Imam, belum lama ini.

Meski demikian, Imam juga tidak menampik sulitnya bagi bulutangkis Indonesia untuk membawa kembali trofi Piala Sudirman ke Tanah Air. Selain karena belum maksimalnya Kevin/Marcus di tiga turnamen terakhir, para atlet yang bertanding di sela-sela ibadah puasa, juga jadi kendala untuk mencapai peak performa.

“Saya kira persaingan saat ini sangat ketat. Negara-negara lain sangat luar biasa untuk menyiapkan tim mereka,” akunya.

“Namun saya kira para atlet sudah terbiasa ya. Karena tidak kali jni saja mereka bertanding dalam suasana bulan Ramadan. Di tahun-tahun sebelumnya pasti mengalami situasi seperti ini. Jangan karena berpuasa kemudian menyurutkan semangat mereka bertanding, jangan karena Ramadan tidak ingin membawa pulang Piala Sudirman. Saya tetap percayalah kepada para atlet bisa mengatur waktu dengan baik,” jelasnya.

(BacaYusuf Targetkan Sumbang Emas di SEA Games 2019)

Indonesia akan berlaga pada Piala Sudirman 2019 di Nanning, Tiongkok pada 19-26 Mei mendatang. Tim Indonesia terdiri dari 12 pemain putra dan 8 pemain putri. Selain pasangan Kevin/Marcus di nomor ganda putra, Indonesia juga bakal menurunkan pasangan senior, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

“Semoga Ahsan/Hendra juga bisa menularkan semangat kepada para juniornya,” tuntas Imam. (junius/ys)