Thursday, 12 December 2019

Polisi Santai Hadapi Gugatan Praperadilan Eggi Sudjana

Jumat, 10 Mei 2019 — 15:30 WIB
Eggi Sudjana. (timyadi)

Eggi Sudjana. (timyadi)

JAKARTA – Pasca ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan makar dan pernyataan ‘people power’, melalui kuasa hukumnya, politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Eggi Sudjana mengajukan gugatan praperadilan terhadap Polda Metro Jaya, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, umat (10/5/2019).

Menanggapi gugatan praperadilan tersebut, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono pun mengaku tak mengambil pusing. “Hak mereka, silahkan. Nanti kita hadapi di pengadilan,” ujar Argo ketika dikonfirmasi wartawan pada Jumat (10/5/2019).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, hukum praperadilan sendiri diatur dalam Undang-Undang (UU) No. 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana (KUHAP), khususnya Pasal 1 angka 10, Pasal 77 a/d Pasal 83, Pasal 95 ayat (2) dan ayat (5), Pasal 97 ayat (3), dan Pasal 124.

Dalam hal ini, hukum praperadilan ini mengatur mengenai hak tersangka atau terdakwa dalam mengajukan keberatan terhadap perlakuan aparatur hukum dalam empat hal, yakni penangkapan, penahanan, penghentian penyidikan, dan penghentian penuntutan.

Sebelumnya, Eggi Sudjana ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan makar dan pernyataan ‘people power’ oleh penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimun) Polda Metro Jaya, Selasa (7/5/2019). Argo mengatakan penetapan tersebut sudah sesuai dengan bukti permulaan yang ada.

“(Penetapan) tersangka itu sesuai dengan aturan ada bukti permulaan, seperti keterangan saksi, empat keterangan ahli, petunjuk, dan barang bukti yang disampaikan, seperti video dan pemberitaan-pemberitaan di media online,” jelas Argo.

Diketahui, penetapan tersangka terhadap Eggi merupakan buntut dari pelaporan relawan Jokowi-Ma’ruf Center (Pro Jomac) ke Bareskrim Polri, yang dilimpahkan ke Polda Metro Jaya.

Laporan Supriyanto teregister dengan nomor LP/B/0391/IV/2019/BARESKRIM tertanggal 19 April 2019 dengan tuduhan penghasutan. Selain oleh Supriyanto, Eggi juga dilaporkan oleh politisi PDIP Dewi Tanjung terkait people power dan tudingan makar. (cw2/yp)