Friday, 15 November 2019

Ini Penyebab Lambatnya Rekapitulasi di Jakarta Timur dan Jakarta Utara

Sabtu, 11 Mei 2019 — 11:33 WIB
Ketua Komisioner KPU DKI Jakarta Nurdin di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, pada Sabtu (11/5/2019). (cw2)

Ketua Komisioner KPU DKI Jakarta Nurdin di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, pada Sabtu (11/5/2019). (cw2)

JAKARTA – Komisioner KPU DKI Jakarta, Nurdin, mengungkapkan penyebab lambatnya proses rekapitulasi di kota Jakarta Utara dan Jakarta Timur.

Menurut Nurdin, jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) baik di Jakarta Timur maupun Jakarta Utara cukup banyak, yakni di atas 1.000 TPS. Sehingga proses rekapitulasi suara cukup memakan waktu.

“Kemudian akurasi data yang katanya seringkali buka-buka kotak ketika dalam penulisan C1 ini tidak akurat, kan kita harus buka kotak, liat plano, ini kan makan waktu,” ujar Nurdin ditemui di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, pada Sabtu (11/5/2019).

Ia mengungkapkan, jika proses rekapitulasi lancar, tanpa ada kendala seperti membuka kotak dan melakukan menghitung kembali surat suara saja, waktu yang dibutuhkan di satu tempat pemungutan suara (TPS) sekitar satu jam. Apalagi jika harus membuka kotak suara kembali, maka waktu yang dihabiskan akan lebih banyak lagi.

(BACA: KPU DKI Jakarta Tunggu Rekapitulasi dari Jakut dan Jaktim)

“Dalam proses lancar saja, itu proses yang kami pantau, kami lihat di setiap satu kecamatan, satu jam untuk menyelesaikan satu TPS. Artinya kalau awalnya kita diberi empat paralel kelas, satu jam itu kita baru menyelesaikan empat TPS seperti itu. Itu (kalau) lancar,” paparnya.

Hal itu lah yang menyebabkan proses rekapitulasi di wilayah tersebut terhambat dan lebih lama dibandingkan wilayah lain di Jakarta. Lambatnya proses rekapitulasi ditingkat kota pun mengakibatkan rapat pleno rekapitulasi ditingkat Provinsi DKI Jakarta akan mundur dari waktu yang ditentukan.

Semula rapat pleno rekapitulasi DKI Jakarta diagendakan hari ini, namun karena rekapitulasi dari Jakarta Timur dan Jakarta Utara belum selesai, Nurdin mengaku belum dapat memastikan kapan rapat pleno itu dilaksanakan. Namun ia berharap, malam ini rapat pleno rekapitulasi DKI Jakarta dapat dilakukan.

“Kita masih menunggu ya. Kalau informasi dari Jakarta Utara (Jakarta Timur) kapan mereka melaksanakan itu. Kalau misalnya mereka melaksanakan siang mungkin malam ini kita bisa laksanakan. Tapi kalau mereka melaksanakannya nanti malam ditingkat kota artinya baru Minggu pagi dilakukan,” pungkasnya. (cw2/mb)