Wednesday, 13 November 2019

KPU DKI Jakarta Tunggu Rekapitulasi dari Jakut dan Jaktim

Sabtu, 11 Mei 2019 — 11:20 WIB
Ketua Komisioner KPU DKI Jakarta, Nurdin, di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. (cw2)

Ketua Komisioner KPU DKI Jakarta, Nurdin, di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. (cw2)

JAKARTA – Rapat Pleno Rekapitulasi DKI Jakarta belum dapat dipastikan dilakukan hari ini. Alasannya, KPU DKI Jakarta masih menunggu hasil rekapitulasi dari kota Jakarta Utara dan Jakarta Timur.

“Kami masih menunggu proses rekap di Jakarta Utara dan Jakarta Timur yang sampai hari ini masih berlangsung. Jadi kalau misalkan di Utara dan Timur sudah selesai, bisa dilanjutkan di sini,” ujar Komisioner KPU DKI Jakarta, Nurdin, di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Sabtu (11/5/2019).

Di Jakarta Utara hanya menyisakan satu kecamatan, yakni kecamatan Koja yang masih melakukan proses rekapitulasi. Sedangkan, untuk proses rekapitulasi di tingkat kecamatan di Jakarta Timur yang masih berjalan ada beberapa kecamatan, di antaranya Duren Sawit dan Pulogadung.

“Kalau di Timur itu informasinya yang sudah kan Ciracas, Cipayung, Matraman sama Pasar Rebo. Sisanya masih berjalan. Nah Kramatjati sudah masuk kotaknya, mungkin hari ini mereka pleno. Kemudian (kecamatan) Makasar juga sudah selesai, tinggal proses pengadministrasian. Kemudian Cakung juga sama (seperti Kecamatan Makasar). Tinggal Duren Sawit dan Pulogadung yang saya informasinya masih berjalan. Sudah hampir final sih sebenernya,” terang Nurdin.

Sementara itu, untuk kota Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Barat dan Kepulauan Seribu, proses rekapitulasi di tingkat kota sudah selesai. Sehingga KPU DKI Jakarta hanya tinggal menunggu dua kota tersebut saja, untuk dapat melanjutkan rapat pleno rekapitulasi di tingkat Provinsi.

Nurdin menjelaskan, setelah rekapitulasi di tingkat Kecamatan selesai, maka selanjutnya akan dibawa ke tingkat Kota. Jika di tingkat Kota pun telah selesai, maka rapat pleno di tingkat Provinsi DKI Jakarta pun dapat dilakukan.

(BacaRekapitulasi Nasional, Jokowi-Ma’ruf Unggul di Bali dan Babel)

 

Tetapi sampai saat ini, pihaknya masih memantau dan menunggu proses rekapitulasi dari Jakarta Timur dan Jakarta Utara selesai. Ia pun mengaku belum dapat menastikan kapan rapat pleno rekapitulasi tingkat provinsi DKI Jakarta dapat dilaksanakan.

“Lihat nanti siang lah. Nanti siang bisa kami lihat kondisi di Jakarta Utara seperti apa satu kecamatan itu progresnya. Kalau dia sudah bisa menyelasaikan dan memberikan salinan DAA1 dan DA1 kepada saksi, kemungkinan dilanjutkan rekapitulasi di tingkat kota siangnya, malamnya bisa (dibawa ke tingkat provinsi),” ujar dia.

“Tapi kalau misalnya di kota itu mereka baru memulai siang, kemudian di kotanya malam, nggak mungkin juga malam itu (rapat pleno rekapitulasi tingkat Provinsi), karena saksi-saksi di tingkat provinsi pun harus memegang DD1. DD1 itu berita acara tingkat kota baru bisa kita pleno di tingkat ini,” jelasnya.

“Ya mudah-mudahan tidak terlalu lama lah. Mudah-mudahan malam ini bisa dilaksanakan (rapat pleno). Kalau tidak, ya besok pagi,” tuntas Nurdin. (cw2/ys)