Friday, 06 December 2019

Turap Saluran di Jalan Safir Cilandak Akhirnya Diperbaiki

Kamis, 16 Mei 2019 — 0:40 WIB
Perbaikan turap saluran  di  Cilandak

Perbaikan turap saluran di Cilandak

JAKARTA – Turap di sepanjang Jalan Safir, Kelurahan Cilandak Barat, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan akhirnya diperbaiki. Perbaikan dilakukan karena saluran tersebut selama ini penuh dengan lumpur sehingga jika terjadi hujan sebentar saja sudah banjirngan.

Kasatpel Suku Dinas Sumber Daya Air Kecamatan Cilandak Sutopo, mengatakan, turap tersebut diperbaiki untuk mengembalikan fungsi dan infrastruktur saluran seperti sediakala, sehingga saluran dapat kembali berfungsi dengan baik. Selama ini memang saluran tersebut kondisinya penuh dengan lumpur.

“Turap kami perbaiki sebagai bentuk tindak lanjut penanganan tebing longsor dan untuk mengembalikan fungsi dan infrastruktur saluran agar dapat kembali berfungsi dengan baik.,” ujar Sutopo, Rabu (15/5).

Kasat Pel SDA juga menjelaskan, perbaikan turap tersebut dimulai sejak 13 Mei 2019 dan direncanakan selesai pada 17 Mei 2019. Saluran ini memiliki panjang 15 meter dan tinggi satu meter. Sebanyak 10 personel terjunkan dan dengan menggunakan peralatan cangkul, linggis, palu besar, dan karung berisi tanah.

Sutopo menambahkan, setelah membersihkan puing-puing , turap diperbaiki dengan melakukan pembuatan kisdam dari tanah yang diwadahi karung, kemudian dipasangi cerucuk dolken setiap dua meter dengan panjang cerucuk satu setengah meter.

“Saat ini pengurasan lumpur tersebut sudah mencapai 60 persen. Setelah longsoran kita bersihkan kemudian digali. Agar air tidak masuk, kita bikin kisdam dari tanah dimasukkan kedelam karung, lalu dipasang cerucuk dolken tiap dua meter dengan panjang 1,5 meter,”tambahnya. (wandi/b)