Friday, 15 November 2019

Tersangka Perekam dan Penyebar Video ‘Penggal Jokowi’ Terancam 6 Tahun Penjara

Jumat, 17 Mei 2019 — 10:24 WIB
Terduga perekam video yang viral karena ada kata-kata penggal Jokowi

Terduga perekam video yang viral karena ada kata-kata penggal Jokowi

JAKARTA – Tersangka perekam dan penyebar video ancaman penggal kepala Presiden Joko Widodo, IY, telah resmi ditahan sejak Kamis (16/5/2019) malam. Akibat perbuatannya, IY pun terancam pidana enam tahun penjara.

“Ina terancam enam tahun penjara,” ujar Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Jerry Siagian ketika dikonfirmasi wartawan, pada Jumat (17/5/2019).

Diketahui, IY ditangkap di kediamannya di Grand Residence City, Bekasi, Jawa Barat, pada Rabu (15/5/2019) siang. Selanjutnya, IY pun langsung digiring ke Polda Metro Jaya bersama dengan R, saksi atas video viral tersebut.

Setelah dilakukan pemeriksaan di Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya, tersangka IY pun resmi ditahan pada Kamis malam dan mulai mendekam di Rumah Tahanan (Rutan) Polda Metro Jaya hingga 20 hari kedepan.

“Iya kita tahan untuk 20 hari pertama. Nanti bisa kita perpanjang sesuai ketentuan lanjutannya bagaimana,” terang Jerry.

Namun ia menegaskan, pasal yang disangkakan bukan lah pasal dugaan makar, melainkan UU ITE saja. Oleh karena itu, ancaman pidana terhadap IY hanya enam tahun penjara.

“Hanya Pasal 27 ayat 4 junto pasal 45 ayat 4 UU RI no 19 tahun 2016 perubahan atas UU RI no 11 tahun 2008 tentang ITE,” pungkas Jerry. (cw2/mb)