Tuesday, 10 December 2019

Sebagai Negarawan, Polisi Yakin Amien Rais Taat Hukum

Senin, 20 Mei 2019 — 17:12 WIB
Amien Rais (ikbal)

Amien Rais (ikbal)

JAKARTA – Polisi mengagendakan pemeriksaan terhadap Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais, Senin (20/5/2019). Namun Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono menyebutkan, pihaknya belum mendapatkan kepastian terkait hadir atau tidaknya Amien dalam pemeriksaan tersebut.

“Amien Rais diagendakan diperiksa Senin 20 Mei 2019, jam 10.00 WIB. Tapi sampai saat ini kita masih menunggu sampai sore. Yang bersangkutan belum hadir, kita belum mendapatkan konfirmasi kenapa sampai sekarang belum hadir,” ujar Argo di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan.

Meski begitu, Argo yakin, sebagai seorang negarawan, Amien dapat memberi contoh yang baik sebagai sosok yang taat hukum.

“Tapi kami yakin sebagai seorang negarawan, pemimpin bangsa ini saya yakin akan patuh hukum. Nanti kita tunggu saja, kapan yang bersangkutan hadir sebagai saksi Eggi (terkait kasus dugaan makar),” serunya.

Tetapi jika Amien memang tidak hadir dalam pemeriksaan hari ini, maka penyidik akan kembali menjadwalkan kembali agenda tersebut. Mengingat hari ini merupakan panggilan pertama terhadap Amien sebagai saksi Eggi terkait kasus dugaan makar.

“Nanti kalau tidak hadir, penyidik akan melayangkan surat panggilan kedua,” pungkas Argo.

Eggi sendiri diketahui mulai ditahan sejak Selasa (14/5/2019) malam, dan akan ditahan hingga 20 hari kedepan. Tim advokat BPN ini ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan makar dan pernyataan ‘people power’ oleh penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimun) Polda Metro Jaya, pada Selasa (7/5/2019) lalu.

Terkait kasus tersebut, Eggi disangkakan Pasal 107 KUHP dan atau 110 KUHP Jo Pasal 87 KUHP dan atau Pasal 14 ayat 1 dan ayat 2 dan atau Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 Tentang Peraturan Hukum Pidana. (cw2)