Saturday, 07 December 2019

Di Jepang, Anies Bicara Soal Menurunkan Emisi Gas Rumah Kaca

Selasa, 21 Mei 2019 — 19:08 WIB
Gubernur DKI, Anies Baswedan. (yendhi)

Gubernur DKI, Anies Baswedan. (yendhi)

JAKARTA – Gubernur Anies Baswedan memaparkan rencana Jakarta menurunkan emisi gas rumah kaca pada Forum Gubernur U20 di Tokyo, Jepang, Selasa (21/5/2019).

Dalam pemaparannya, Anies mengatakan dalam program tersebut. Pemprov DKI Jakarta melibatkan partisipasi masyarakat seperti Program Kampung Iklim, Bank Sampah, Pertanian Kota, dan Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga.

Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Kepala Daerah dan Luar Negeri Pemprov DKI Jakarta M Mawardi. Menurutnya, gubernur mengikuti acara itu hingga Rabu (22/5/2019).

“Pak Gubernur tampil sebagai pembicara hari ini,” kata Mawardi.

Menurutnya, Anies juga melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Lingkungan Hidup, Wakil Menteri Pertanahanan, Infrastruktur, Perhubungan dan Pariwisata, Wakil Presiden JICA, Sekretaris Jenderal UCLG World, C40 Ambassador, dan perwakilan IFC.

“Salah satu agenda penting dalam kunjungan ini adalah penuntasan pembicaraan tentang pembangunan MRT di fase kedua,” ucapnya.

Forum ini merupakan forum diskusi para pemimpin kota untuk menyuarakan pesan kolektif dan solusi inklusif kepada para pemimpin negara G20 tentang peran kota dalam pembangunan berkelanjutan.

Tiga topik utama dalam pembahasan agenda U20 adalah Climate Action, Social Inclusion and Integration, dan Sustainable Economic Growth.

Hasil dari inisiatif U20 adalah Communique yaitu rekomendasi konkrit kepada pemimpin G20 tentang bagaimana U20 dapat mendukung kota mengimplementasikan agenda prioritas U20. (john/yp).