Wednesday, 20 November 2019

Prabowo akan Gugat ke MK, Jokowi: Itu yang Sesuai Konstitusi

Selasa, 21 Mei 2019 — 15:17 WIB
Jokowi dan Ma'ruf Amin pidato kemenangan Pilpres 2019 di Kampung Deret.  (rihadin)

Jokowi dan Ma'ruf Amin pidato kemenangan Pilpres 2019 di Kampung Deret. (rihadin)

JAKARTA – Calon presiden Joko Widodo (Jokowi) menghargai langkah pasangan Prabowo Subianto – Sadiaga Uno yang akan membawa hasil Pemilu 2019 ke Mahkamah Konstitusi. Menurutnya gugatan yang akan dilayangkan ke MK merupakan langkah hukum yang sesuai konstitusi negara.

“Saya kira saya sangat menghargai apabila Pak Prabowo dan Pak Sandi (menggugat) ke MK. Itu proses yang sesuai konstitusi dan hukum dan undang-undang yang kita miliki,” ujarnya di kampung deret, Johar Baru, Senen, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019).

Sebelumnya pasangan Prabowo-Sandiaga akhirnya putuskan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK), usai melakukan rapat internal di Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa (21/5/2019).

“Menyikapi hasil dari KPU RI yang sudah mengumumkan hasil rekapitulasi nasional pada dini hari tadi. Rapat hari ini memutuskan bahwa paslon 02 akan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi,” kata Direktur Advokasi dan Hukum BPN Prabowo-Sandiaga, Sufmi Dasco Ahmad.

Dasco mengatakan dalam beberapa hari ini akan mempersiapkan materi gugatan. “Kami akan menyiapkan materi gugatan dalam beberapa hari ini sesuai dengan tenggat waktu yang ada untuk memajukan gugatan ke MK,” ujarnya.

Waketum Partai Gerindra itu menjelaskan alasan pihaknya mengajukan gugatan ke MK. Salah satunya, kata Dasco, terkait penghitungan suara yang sangat signifikan.

“Kami melihat bahwa ada pertimbangan-pertimbangan kemudian ada hal-hal sangat krusial trrutama mengenai perhitungan-perhitungan yang sangat signifikan yang bisa dibawa ke MK,” tutur Dasco. (ikbal/yp)