Monday, 21 October 2019

Mudik Lebih Awal Karena Harga Tiket Masih Normal dan Terhindar Macet

Selasa, 28 Mei 2019 — 20:53 WIB
Kondisi di terminal bus Kampung Rambutan yang mulai dipenuhi pemudik. (Ifand)

Kondisi di terminal bus Kampung Rambutan yang mulai dipenuhi pemudik. (Ifand)

JAKARTA – Peningkatan jumlah penumpang arus mudik Lebaran 2019 sudah mulai terlihat di Terminal Bus Kampung Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (28/5/2019). Hal itu terlihat dari jumlah penumpang yang mencapai 4.675 meninggalkan ibukota untuk menuju kampung halamannya.

Para penumpang mengaku pulang mudik lebih awal karena alasan praktis, seperti tiket masih normal dan jalur belum macet. Seperti yang dilakukan Nanang (38), yang memilih pulang kampung lebih awal bersama keluarga.

Nanang  menilai, dengan pulang lebih dulu, harga tiket bus masih normal dan tidak mengalami kenaikan. “Karena sudah dapat cuti, makanya pulang sekarang. Jadi bisa kumpul di kampung lebih lama,” katanya, Selasa (28/5).

Menurutnya, dengan pulang lebih awal, ia juga menilai agar terhindar dari kemacetan. Terlebih, belajar dari tahun sebelumnya, untuk pulang ke Madiun, Jawa Timur, ia harus memakan perjalanan panjang.

“Makanya daripada kejebak macet dan bikin pusing kepala, lebih baik pulang lebih cepat saat orang-orang masih sibuk,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Terminal Kampung Rambutan, Thofik Winanto mengatakan, peningkatan penumpang memang sudah mulai terlihat sejak Senin (27/5) malam hingga Selasa (28/5) pagi.

Untuk sepanjang hari itu, sudah 4.675 penumpang yang berangkat. “Dari total jumlah itu, yang lebih dominan penumpang mudik ke daerah Sumatera dan Jawa Timur,” katanya.

Dan untuk menghadapi mudik lebaran 2019 ini, kata Thofik, pihaknya juga menyiapkan 1.017 bus untuk mengangkut penumpang. Bahkan, pihaknya juga menyiapkan 200 angkutan cadangan untuk menghadapi lonjakan penumpang. “Namun bus itu baru akan kami keluarkan bila terjadi lonjakan yang signifikan,” terangnya. (Ifand/win)